Ganongers Muda Merespon Agenda Demokrasi Jember

Read Time:1 Minute, 3 Second

Anak muda pecinta seni jaranan ini namanya Kevin Ganongers, dia adalah pemain sekaligus instruktur seni tarian Ganongan, yang masih sekolah di SMK 3 Jember. Tetapi aktifitasnya disekolah juga diimbangi dengan kegiatannya di sanggar kampungnya yaitu sanggar Singo Gendeng Talangsari Jember.

Bakat seninya telah membawa pada pilihan-pilihan untuk mengekspresikannya dalam media kesenian tradisi. Sejak kecil Kevin ini sudah ikut dalam pagelaran atau tanggapan seni jaranan di sanggarnya. Nah jaranan di Jember selalu diselipi tarian Bujang Ganong, salah satu tokoh lincah dan berkostum topeng ganong yang menyerupai pentul dengan muka sangar dan rambut yang menjurai keatas.

Sebagai Gen Z, Kevin muda ini berusaha untuk mencari tahu, mencari guru, mencari pengetahuan pada senior maupun pada sumber-sumber yang dianggapnya mampu ditimba ilmunya. Juga dalam menentukan pilihan ketika ada acara-acara pesta demokrasi misalnya pemilu atau pilkada, ia memandang sebagai anak muda harus memberikan aspirasinya dan jujur pada hati nuraninya. Kevin hadir sebagai pemilih pemula dan yakin akan pilihannya. Dia menganggap golput bukanlah jiwa anak anak muda generasi kekinian, cari tahu jika butuh pengetahuan lalu tentukan pilihanmu begitu kata Kevin.

Pernyataannya, “Bolosrewu bukan abal-abal Om, dan Gen Z bukan kaleng kaleng.” Dia berharap jika nanti ada momen Pilkada 2020, memilih pemimpin Jember yang mempunyai kepedulian terhadap perkembangan kesenian terutama seni tradisi.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan