Jaran Konyong, Icon Suroan di Sumbermujur Lumajang

Read Time:1 Minute, 17 Second

Grebeg Suro adalah acara Desa Sumbermujur yang diadakan untuk memperingati awal tahun, biasanya mengadakan ruwatan atau buang sangkal. Acara suroan kali ini ditempatkan di hutan bambu mungkin saja sekalian ruwatan sumber yang ada disana.

Peringatan tahun baru Hijriah bagi masyarakat Jawa identik dengan peringatan malam 1 Suro. Biasanya, masyarakat Jawa menyambut bulan Suro dengan perayaan yang disertai prosesi adat, karena dianggap sakral. Hal ini terjadi karena penanggalan Jawa dan kalender Hijriah memiliki kedekatan sejak Sultan Agung (Raja Mataram Islam) mengubah sistem kalender Jawa. Otomatis setiap pergantian tahun baru Hijriah, dibarengi dengan tahun baru Jawa yang diawali bulan Suro.

Grebeg Suro adalah acara Desa Sumbermujur yang diadakan setiap tahun pada 1 Suro, tema acara suroan kali ini Grebeg Suro Bedah Kerawang. Acara tersebut didukung oleh kesenian daerah jaranan dan jaran konyong. Ada juga Tari Oling adalah tarian khas Sumbermujur, Oling adalah ikan yg diyakini menjadi penunggu sumber mata air Hutan Bambu

Jaran konyong itu sebenarnya seperti prototype jaran kencak, tapi kalau jaran kencak menggunakan kuda asli atau beneran, sedangkan jaran konyong kuda yang digunakan bukanlah kuda sungguhan melainkan dibuat meniru kuda . Jaran Konyong ini juga asli kesenian Lumajang.

Dalam prosesi Grebeg Suro sampai saat ini, beberapa tradisi dilakukan untuk memperingati pergantian tahun itu. Salah satunya seperti tradisi rutin pemendaman kepala sapi yang dilakukan warga Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Kegiatan ini sendiri diselenggarakan sebagai bentuk perwujudan rasa syukur masyarakat setempat atas berkah Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan rejeki hasil bumi dan sumber mata air yang melimpah sehingga dapat memberikan pengairan untuk pertanian yang ada di desa.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan