MSP Benih Padi Anak Bangsa

Read Time:1 Minute, 32 Second

Pada dunia pertanian bibit merupakan kebutuhan utama dalam keberlangsungan proses produksinya, di masa pemerintahan presiden Ir. Joko widodo ketika pangan dibicarakan secara lebih serius, mulai bermunculanlah nama-nama benih khususnya padi salah satunya MSP yang menjadi tenar karena presiden beserta keluarganya juga mengonsumsinya.

MSP atau yang dikenal dengan nama lokal sertani di lampung sana, merupakan benih hasil pemuliaan yang dilakukan oleh seorang penggerak tani bernama Surono Danu, dari tangannya benih padi lokal dimuliakan menjadi 19 benih unggul, MSP 1-19 dari setiap tingkatannya terdiri dari A,B, dan C.

Sejarah dilahirkanya benih lokal unggul ini, oleh mbah Surono Danu melalui proses panjang sejak tahun 1983, mbah Danu juga terlibat dipertarungan ranah hukum ketika mendorong bahwa pemulian benih lokal menjadi hak petani sejak NKRI belum ada, puncaknya ditahun 2012 ketika mbah Danu dan kawan-kawan memenangkat gugatan di Mahkamah Konstitusi, namun prateknya masih di pertanyakan.

Disahkanya peraturan terkait benih lokal oleh presiden Jokowi menjadi kemenangan dikalangan petani, disaat itu benih lokal beserta MSP mulai menyebar keseluruh indonesia meskipun belum menyeluruh, salah satunya di Jember Jawa Timur.

Di Jember perkembangan MSP mulai menampakan dua tahun kebelakang ini, di tanam dengan konsep organik MSP menawarkan cara bertani yang tidak tergantungan pada pupuk kimia. Namun persoalan yang ada penanam organik secara kesuluruhan tidak bisa dilakukan secara sepenuhnya, mengingat konversi dari tanah yang ketergantungan berat terhadap bahan kimia menjadi organik memerlukan proses dan keseriusan.

Menurut salah satu petani Jember bernama Wavi yang memiliki lahan pertanian di kecamatan Ajung menjelaskan bahwa kapasitas hasil produksi padi menggunakan benih MSP diluasan tanah satu hektarnya mampu menghasilkan 6-8 ton namun masih bisa dikembangkan hingga kisaran 10 ton ketika sepenuhnya organik.

Benih MSP sendiri menurut Wavi bisa ditanam disegala jenis tanah dari yang kering hingga basah karena MSP jenis banyak dan umur panennya dari sejak padi berkencambah beragam ada yang 105 hari dan 90 hari.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan