Patrol Jember Putra, Musik Perkusi Interaktif Kekinian, Natural Namun Dinamis

Read Time:2 Minute, 42 Second

Musik perkusi merupakan jenis musik pukul purba, musik yang paling tua didunia ini, karena tergolong tidak harus ada alatnya karena bisa jadi hanya benda yang bisa dipukul kemudian menimbulkan bunyi yang diyakini masyarakatnya muncul harmonisasi. Musik jenis ini sudah ada sejak zaman dahulu. Masyarakat zaman dahulu ketika akan berperang atau ketika berkumpul biasanya akan memukul-mukul suatu benda sambil menyanyi dan menari. Perkusi pada dasarnya sangat sederhana. Apa pun benda yang ada di sekitar kita dapat kita manfaatkan menjadi perkusi. Sampai saat ini ada banyak jenis perkusi. Bahkan setiap negara mempunyai alat musik perkusi ciri khas masing-masing.

Patrol Jember merupakan musik perkusi yang terbuat dari kayu dengan ragam susunan bunyi ber beat natural, itulah makanya bila mendengarkan musik ini seakan enak saja masuk ditelingga kita gaes. Ketukan serta irama pukulannya membuat rampak bunyi tersebut menjadi komposisi yang bisa dinikmati. Bisa saja monoton jika memang ada jenis irama patrol jadul, meski demikian masyarakat Jember menerima dengan antusias, mungkin karena sudah terbiasa.

Tapi kini patrol bisa sangat interaktif dengan situasinya, kekuatan pukulan bukanlah menjadi faktor utama melainkan permainan tempo ketukan dan iramanya. Dalam patrol kekinian irama merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dengan melodi, harmoni, dan juga sebagai sesuatu faktor ekspresi melalui penggunaan tubuh dan berkenaan dengan instrument perkusi. Anak-anak muda Patrol sekarang ini banyak mengalami perkembangan, di era digital ini seniman muda patrol Jember bisa mendapatkan pengetahuan dari internet. Sehingga musik Patrol Jember kekinian pengembangannya mulai beraneka meski prosesnya banyak yang otodidak.

Misalnya beat (gerak), irama melodi, aksen gerak (accented beat), durasi (panjang, pendek, rata, tidak rata), pola (repetisi dan kontras), irama (dobel, triple), pembagian tekanan (bagian sama, tidak sama). Dan yang membangun ritme adalah beat, tempo dan aksen atau sinkop. Meskipun dalam keterbatasan referensi seniman patrol yang mendedikasikan dirinya untuk perkembangan patrol akan terus berproses secara dinamis.

Adalah seorang pegawai negeri sipil yang sangat menyukai musik patrol Ahmad Syafii orang asli Penangan Kaliwates Jember, beliau merupakan salah satu tokoh pergerakan seni musik patrol di Jember. Sentuhan tangan telah banyak melahirkan beberapa variasi dan lagu-lagu yang didedikasikan untuk musik Patrol Jember. Di kantornya Lingkungan Hidup pun pak Ahmad Syafii ini masih berlatih patrol dengan kawan-kawannya. “Pak Ahmad Syafii ini kawan papi saya, tetapi kini juga menjadi kawan saya, guru saya dan juga sparing saya dalam musik patrol Jember,” ucap Ody pimpinan musik patrol Jember Putra. Menurut Ody, Pak Ahmad Syafii ini adalah kawan diskusi dan guru terbaik untuk perkembangan patrol terutama untuk perkembangan musik patrol yang dipimpinnya.

“Lagu-lagu ciptaan beliau baik dalam proses aransemennya selalu melibatkan seniman muda untuk penyempurnaannya agar selalu up to date di jamannya,” kata Ody yang juga bekerja sebagai sekuriti sebuah hotel di Jember.

Lagu ciptaan Ahmad Syafii antara lain Manosa, Tobate Brandalan, Setong Dhikah adalah lagu-lagu yang diciptakannya, bersama seniman dari grup-grup patrol Jember. Musik patrol ini musik khasnya Jember jadi perlu dikembangkan agar tidak mati ditelan jaman. Piranti alat patrol yang pokok misalnya bass, kontra bass, tik tok, leter, remo, selingan dan kenthir (yang sekarang ini jarang dipakai oleh patrol). Dismaping itu harmoni suling patrol yang semakin menjadi komposisi yang laras di telinga. Biasanya dalam patrol kekinian di tambah dengan kendang, tamborin, terbang hadrah atau bahkan keyboard, patrol semakin menjadi sebuah pertunjukan musik perkusi yang enak di nikmati secara umum.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan