JPermataku, Program Kadin Perpusda yang Didukung Bupati Jember, Launching di Pakis

0 0
Read Time:1 Minute, 48 Second

JEMBER – Budaya membaca masyarakat Kabupaten Jember makin mengalami peningkatan, terlihat dari meningkatnya kuantitas kunjungan ke perpustakaan daerah bahkan pelayanan hari sabtu pun ramai pengunjung. Paparan diatas juga menunjukan perlunya untuk mengembangkan program-program baru yang inovatif bukan saja untuk masyarakat perkotaan tetapi juga di perdesaan, sehingga budaya literasi pada generasi muda masyarakat perdesaan atau pinggiran juga dapat terpenuhi.

Wujud dari pelaksanaan program yang dirancang oleh Kepala Dinas Perpustakaan Daerah dan Kearsipan yang didukung oleh Bupati Hendy Siswanto telah muncul JPermataku jember -perkumpulan remaja pencinta buku, program ini sebagai langkah nyata mewujudkan peningkatan literasi masyarakat desa khususnya minat baca remaja. Ternyata program ini disambut oleh Kepala Desa Pakis, Zaini dan menurutnya perlu pembinaan, pengembangan dan penguatan karakter serta kegiatan literasi yang merupakan unsur penting dalam kemajuan sebuah bangsa dan negara dalam menjalani kehidupan di era globalisasi.

“Tadinya saya ragu apakah anak muda di Pakis ini butuh perpustakaan desa. Setelah melihat antusiasnya pemuda pemudi di desa ini, saya membangun kesepakatan dengan pihak Perpusda Kab Jember,” ungkapnya.

Untuk memulai kerja bersama pihak perpustakaan daerah, pada hari Minggu 23 Oktober 2022 Kepala Desa Pakis mengukuhkan pengurus JPermataku, acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Jember Yuliana Harimurti SE, MSi, Camat Panti Murdiyanto, Ketua Karang Taruna Desa Pakis dengan anggotanya hadir sebagai saksi bahwa program JPermataku sudah diluncurkan.

Kepala desa Pakis telah menetapkan Keputusan Kepala Desa Pakis tentang Pengurus J-PERMATAKU (Jember–Perkumpulan Remaja Pencinta Buku), Desa Pakis, Kecamatan Panti Kabupaten Jember; dengan Ketua pengurus Muhamad Bagus.

“Harapan kami setelah terbentuk kepengurusan nantinya akan menjalankan program yaitu peningkatan minat baca dan penguatan literasi pada remaja di desanya. Kami akan mendampingi terutama dalam memfasilitasi terbentuknya pondok baca di Desa Pakis, mungkin kedepan bisa diadakan di beberapa titik,” begitu ungkap Kadin Perpusda saat menghadiri acara ini.

Menurutnya lebih lanjut menyatakan bahwa Bupati Jember akan membantu adanya Perpusdes di masing-masing desa di Jember terutama yang belum ada perpusdesnya, karena Bupati memandang penguatan literasi itu sangat penting bagi generasi muda karena kita akan menghadapi bonus demografi di 2045 nanti ketika jumlah angkatan kerja didominasi oleh para generasi muda dan tentu saja akan bersaing dengan kapasitas tenaga dari luar negeri yang akan masuk ke Indonesia.

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.