KKN Unej : Kampanyekan Sejarah Melalui Media Batik Khas Desa

Read Time:1 Minute, 16 Second

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Dimana masing-masing daerah yang memiliki ciri khas masing-masing, membuat Indonesia terkenal diseluruh panca negara. Dengan adanya hal tersebut, sebagai warga negara haruslah menjaga dan melestarikan budaya tersebut.
Desa dawuhan Mangli, kecamatan sukowono, kabupaten jember merupakan salah satu desa yang terkenal dengan desa sentra pengrajin sangkar burung perkutut dan menjadi ciri khas desa tersebut. Mengingat hal itu mahasiswa KKN 46 dawuhan Mangli menginisiasi untuk menciptakan ciri khas yang baru lagi selain sangkar tersebut berdasarkan sejarah.

Lazuardo selaku kordinator desa KKN 46 Dawuhan mangli menerangkan bahwa selama observasi desa dawuhan Mangli menemukan beberapa potensi yang memang harus dikembangkan secara luas. Disisi lain sejarah desa yang terbilang menarik perlu kiranya untuk diabadikan atau di kampanyekan secara luas.

“Sejarah akan menjadi pijakan untuk menuju masa depan yang lebih baik, disisi lain sejarah desa perlu diketahui oleh masyarakat desa dawuhan Mangli dan masyarakat luas, oleh karena itu perlu di ekspresikan dan dikampanyekan secara luas” Tegas ardo nama akrab kordinator desa KKN 46 Dawuhan Mangli.

Dengan modal inisiatif tersebut, kelompok KKN 46 desa Dawuhan Mangli pun mulai survive untuk mendapatkan cerita-cerita dari tokoh masyarakat setempat. Walhasil setelah mendapatkan banyak cerita, kelompok KKN 46 bermaksud untuk mengekspresikan sejarah desa tersebut melalui batik yang nantinya akan menjadi ciri khas desa dawuhan Mangli, kecamatan sukowono, kabupaten jember.

“Alhamdulillah, kini sudah mulai dalam fase penggambaran motifnya yang akan memiliki makna asal usul desa dawuhan Mangli yang tentu menggambarkan sebuah cerita terbentuknya desa dawuhan Mangli” Tegas Ardo saat ditemui di posko KKN 46 Desa Dawuhan Mangli.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan