Mahasiswa KKN Unmuh Jember Lakukan Pendampingan Tata Kelola Desa Sukojember

Read Time:1 Minute, 27 Second

Pemerintahan Desa, menurut UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pasal 1 ayat (2) yang berbunyi bahwa penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan pemerintah desa adalah kepala desa atau yang disebut dengan nama lain perangkat desa sebagai unsur penyelenggaran pemerintahan desa. 

dalam hal ini, Mahasiswa KKN Kelompok 14 UM Jember. Membantu Tugas dari Perangkat Desa Sukojember Kecamatan Jelbuk, dengan Piket Desa bagian Pelayanan Administrasi. (17/02/2020)

Menurut Yulinar Piket Desa merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh Mahasiswa UM Jember selama kegiatan Kuliah Kerja Nyata, Tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan ini ialah Untuk mengetahui cara kerja aparat desa dalam melayani masyarakat desa (Penelitian), Media Aktualisasi Mahasiswa dan untuk membantu proses administrasi di Kantor Desa.

“Selama kuliah saya hanya menerima materi di dalam kelas, sekarang merupakan praktek langsung di lapangan dengan disiplin Ilmu yang saya dapatkan”. Ujar Yulinar selaku Cordinator Kegiatan

Setelah mendapat izin dan berkoordinasi dengan perangkat Desa SukoJember. kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 Januari – 27 Februari 2020, dimulai dari pukul 08.00-14.00 WIB untuk hari senin sampai kamis dan 08.00-11.15 WIB dilajutkan jam 13.00-14.00 WIB untuk hari jum’at.

sementara, Menurut Eko selaku perangkat desa menjelaskan Setiap hari Kantor Desa menerima kurang lebih 15 masyarakat untuk mengurus Surat penting seperti Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Surat Pengantar Pembuatan Kartu Tanda Penduduk dll, Kegiatan yang di lakukan oleh mahasiswa KKN UM Jember menjadi kegiatan yang membantu dan sekaligus memperbaiki pelayanan di Desa.

“Semenjak ada kegiatan Piket Desa, saya merasa sangat terbantu” Ujar Eko selaku Perangkat Desa Bagian Pelayanan Adminstrasi.

Lanjut, Umar Dani Selaku Kordes menyampaikan bahwa kegiatan yang kami laksanakan semoga dapat menbantu perangkat desa dan dapat menjadi wadah penelitian sekaligus media aktualisasi diri mahasiswa.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan