Petahana Desa Lojejer Joko Santoso , SE.,

Read Time:1 Minute, 31 Second

Pemerintah Desa Lojejer dibawah kepemimpinan Kades Joko Santoso, SE memiliki tujuan sebagaimana termaktub dalam visi misi sang kades yakni pemerintah yang bersih, dalam mejalankan pemerintahannya kades mensetandarisasi pemerintah desa dalam menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, produktif, dan transparan serta akuntabel.

Seyogyanya dalam menjalankan program pemerintahan diperlukan penyediaan sumber dana pemerintahan dan pembangunan desa, hal ini dapat dilakukan dengan menggali dan mengoptimalkan pendapatan asli desa, menggerakkan swadaya masyarakat desa serta melakukan koordinasi dengan pemerintah diatas desa.

Meningkatkan kemampuan dan keberdayaan masyarakat diperlukan kemitraan dengan pihak lain. Kemitraan tidak hanya akan memperkuat dalam hal pendanaan, tetapi dalam kemitraan akan terjadi transfer pengetahuan, teknologi dan manajemen yang sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas usaha.

Upaya kongkrit untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia antara lain dengan meningkatkan pendidikan, kesehatan dan pendapatannya. Tetapi masalah mendasar yang juga dihadapi dalam pembangunan desa, dampak krisis ekonomi menimbulkan besarnya tingkat pengangguran yang bermuara dengan makin meningkatnya jumlah penduduk miskin, alternatif solusi dalam menggerakkan sektor perekonomian desa dengan memperluas akses masyarakat desa ke sumber sumber daya produktif, untuk pengembangan usaha seperti lahan, prasarana sosial ekonomi, permodalan, informasi, teknologi dan pasar.

Berkesinambungan dengan masalah diatas, munculnya maslah keamanan dan ketertiban dimasyarakat, sehingga perlu mengatasinya dengan jalan bermitra dengan pihak-pihak aparat keamanan dan penegak hukum agar desa aman tentram karena minimnya konflik-konflik di masyarakatnya.

Prestasi Joko Santoso dalam memberikan alokasi dana yang dikelola desa untuk meng”uri-uri” seni tradisi yang hidup dimasyarakat, meski tidak bisa mencukupi sepenuhnya tetapi hal itu bagi kelompok seni tradisi sangat membantu untuk sedikit membenahi peralatan keseniannya.

Melihat Desa Lojejer sampai hari ini menuju waktu menghadapi Pilkades Serentak di Kabupaten Jember adem-adem saja dan tidak ada gemuruh dari cakades penantang yang mengemuka di permukaan sepertinya Pilkades Desa Lojejer ini rakyat masih mempercayakan kepemimpinan pemerintahan desa pada periode kedepan kepada Joko Santoso, SE.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan