Coffeepreneur dan IKM Coklat Butuh Back Up Pemprov Jatim

Read Time:1 Minute, 5 Second

Puslit Kopi dan kakao berupaya menindak lanjuti kunjungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jatim melakukan tinjauan langsung ke daerah-daerah sebagai upaya optimalisasi produk pertanian dan industri kecil menengah (IKM). Hal itu dilakukan untuk merealisasikan program dari Gubernur Jatim Khofifah tentang Jatim Agro. Dan Kabupaten Jember menjadi salah satu daerah yang menjadi kunjungannya tersebut.

Hal ini merupakan tantangan bagi Puslit Koka terutama untuk mengoptimalkan produk-produk pertanian kopi dan kakao dari bahan mentah diolah menjadi bahan olahan yang siap dijual. Apalagi setelah itu ada acara FGD dengan pemerintah daerah mengenai pengembangan IKM kopi kakao karena Jember termasuk sentra kopi dan kakao.

Informasi bahwa pemerintah Jawa Timur akan menggelar festival kopi pada awal Agustus mendatang, kerjasama Puslit Kakao dengan Disperindag Propinsi Jatim. Dan pada hari ini Puslit Kakao, Kamis 31 Juli-1 Agustus 2019 mengadakan acara industry gathering sebagai upaya menciptakan coffeepreneur baru berbalut inovasi dan kretivitas untuk para pelaku usaha. Dalam acara ini dibicarakan bagaimana sebetulnya proses kopi, mulai dari budidayanya hingga proses pengolahannya.

Mereka nanti akan dapat keterangan citarasa kopi nusantara oleh narasumber Ir. Yuswanto dari Puslit Koka dan pengembangan bisnis kopi berbasis cafe oleh Upnormal cafe dan nara sumber lainnya.

“Pengolahan kopi sudah bisa, mungkin pemerintah daerah membantu kemasan atau packagingnya. Juga kita usul back up regulasi dan pasarnya,” kata Dopi pelaku bisnis kopi dan coklat.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan