Cinta Buku, Memantik Inspirasi Pemuda Desa di Kebun Binatang Mini

0 0
Read Time:2 Minute, 8 Second

JEMBER – Kali pertama kegiatan literasi diadakan di tempat wisata Mini Zoo Jember, hal ini dipelopori dengan kegiatan J-Permataku (Jember Perkumpulan Remaja Pencinta Buku) Desa Pakis Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Tanggal 6 November 2022 hari ini
Kegiatan J-Permataku pada awalnya membentuk, mendampingi dan membina komunitas pemuda pencinta baca buku di Desa Pakis oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember. Selanjutnya diadakan workshop dilakukan sebagai tindak lanjut dari Pengukuhan Pengurus J-Permataku pemuda Desa Pakis.

Kegiatan workshop tersebut dilaksanakan di Kampung Durian, Desa Pakis, Kecamatan Panti yang diikuti kurang lebih 30 remaja dengan tema AKU DAN DESAKU. Workshop Literasi Aku dan Desaku dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember Yuliana Harimurti,SE,M.Si, Kepala Desa Pakis, Kec Panti, Kab Jember Bapak Zaini, dipandu oleh Prita jw dari Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten jember .

Nah kali ini kegiatan J-Permataku pemuda Desa Pakis diadakan di Mini Zoo selain penguatan literasi juga sarana refreshing atau penyegaran pemikiran dengan suasana baru. Pemerintah Kabupaten Jember juga memberikan support kegiatan JPermataku, karena dianggap suatu terobosan baru untuk membuka cakrawala berpikir anak anak muda di desa agar tidak ketinggalan informasi dan pengetahuan tentang kemanuan dunia global kekinian.

Hadirnya PJ Sekretaris daerah kabupaten jember Arief Tjahyono semakin menyemangati peserta kegiatan kali ini.
“Kita bangga bahwa kegiatan J-Permataku pemuda Pakis didukung penuh pejabat pemda Jember, menjadikan kita lebih bersemangat,” ujar Bagus ketua pengurus JPermataku Desa Pakis.

Dipilihnya tempat kebun binatang mini yang dikenal dengan Jember Mini Zoo yang berada di Jalan Brawijaya, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates karena konsep wisata edukasinya. Kegiatan J-Permataku adalah Sharing Session dan Forum Discussion Group tentang Cinta Buku Bisa Mengubah Hidup, Inspirasi Pemuda Desa untuk Dunia.

Acara tersebut dihadiri oleh PJ Sekda Kabupaten Jember, Arief Tyahyono, SE dan dipandu oleh Nurul Hidayat dan Prita HW, keduanya dari FTBM, adalah penggiat Literasi di Kabupaten Jember.

Dari hasil diskusi dengan narasumber, disimpulkan oleh Bu Yuli panggilan akrab Kadisperpusip, bahwa orang yang berasal dari desa bisa belajar lebih baik pasti bisa meraih cita-cita yang diinginkan dan menjadi orang sukses serta menyumbangkan ilmunya kepada orang banyak terutma untuk pembangunan desanya.

Sementara itu, PJ Sekda kabupaten Jember, mengatakan, “Jangan melihat siapa kita, dimana kita dan dari mana kita berasal tetapi apa yang bisa kita lakukan yaitu yang bisa bermanfaat bagi orang lain maka kita harus melakukan.”

Maka secara tidak langsung sebenarnya kegiatan ini memberikan arahan pada kepala desa untuk mendukung terwujudnya perpustakaan desa, yang akan dikelola oleh pemuda J-Permataku yang telah melakukan serangkaian latihan dan diskusi. Bahkan mungkin saja Perpusdes akan dibuat inovatif disesuaikan dengan kondisi masyarakat desa.

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.