Ninin Siapkan SDM, RTH Kota Budaya

Read Time:1 Minute, 25 Second

Jember yang kini merintis menjadi kota budaya sedang membangun sarana dan prasarana di pusat kecamatan-kecamatan. RTH di beberapa kecamatan kini mulai di set up menjadi ruang publik untuk berkreasi dan interaksi sosial antar elemen masyarakat.

Nampaknya masyarakat menyambut ruang publik ini, terbukti hampir setiap hari dimanfaatkan untuk kegiatan baik ekonomi maupun sosial budaya. Apalagi jika hari libur, seperti malam minggu dan minggu paginya RTH menjadi pusat kegiatan di masing-masing kecamatan.

“Grup musik saya hampir tiap malam minggu tampil di RTH Balung,” kata Dimas.
Kesenian yang tampil bermacam macam musik akustik, patrol, reyog bahkan tari, dance maupun senam.
Generasi millenial yang ada di kecamatan lebih sering memanfaatkan RTH ini sebagai media pertemuan dan berkegiatan.

Pembangunan kota budaya sisi lainnya adalah pengembangan kapasitas SDM utamanya para pelajar dan seniman yang masih belum ditangani secara serius. Dari sisi inilah pihak APSK PGRI merasa perlu berpartisipasi dalam pengembangan seni tari tradisional di Jember melalui diklat tari. Dan untuk mengadakan pelatihan tersebut perlu bekerja sama dengan seniman tari, kali ini bersama Sanggar Hastarini.

Pelatihan tari akan diadakan pada hari Sabtu dan Minggu 27-28 Juli 2019 di Aula PGRI. Mengenai materi pelatihan meliputi 4 tarian, terdiri dari tari anak-anak yaitu angsa putih dan tari rajungan dan 2 materi tari remaja yaitu tari terbang bandung khas Pasuruan. Satunya lagi tari sekar sumekar. Selain itu juga ada materi teknis gerak dan pola lantai yang akan diberikan oleh instruktur Ninin dkk dari Sanggar Hastarini. “Saya berharap pelatihan ini akan diikuti oleh peserta baik guru, seniman maupun pelajar. Karena materi pada diklat ini bisa menjadi bekal untuk pengembangan seni tari di masa datang,” ungkap Ninin di sela-sela persiapan melatih tari kodok ijo yang akan ditampilkan massal di alun alun Jember.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan