Pemuda Hias Gapura, Bikin Kampung Kelap-Kelip

Read Time:1 Minute, 32 Second

Kegiatan merias atau mendekorasi gapura adalah salah satu jenis kegiatan yang seringkali diadakan untuk memperingati hari ulang tahun HUT Kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 17 Agustus. Merias dekorasi gapura ini seringkali dilakukan di lingkup RW atau kampung.

Namun urusan tenaga dekorasinya warga sendiri dari Rukun Tetangga yang berpartisipasi.Inilah bentuk kegotong royongan warga kampung, kalaupun dari warga RT tidak dapat menyumbangkan tenaganya, karena mereka sedang mempunyai kesibukan biasanya mereka menyumbangkan bahan baku atau bahan makanan.

“Seakan tidak ada keharusan yang mutlak untuk ikut bergabung, tetapi alangkah baiknya turut gotong royong,” kata Cus panggilan akrab Ketua RT. 02 Kebonsari Krajan Kecamatan Sumbersari Jember.

“Gapura bisa dianggap mukanya warga sendiri, karena ini secamam pintu gerbang untuk masuk ke dalam lingkungan kita. Kalau gapuranya jelek orang bisa menganggap bahwa warga disini tidak peduli sama kampungnya,” begitu tukasnya.

Untuk bisa mewujudkan kreasi menghiasi gapura, tentu saja berbagai cara dilakukan. Tidak hanya sebatas memperbaharui cat dari gapura itu sendiri, beberapa hiasan dinding ornamen-ornamen juga tidak lupa ditambahkan agar gapura terlihat menarik dilihat.
Masyarakat dengan cara bergotong royong silih berganti membersihkan dan menghias gapura milik mereka.

Kebanyakan mencat gapura milik mereka dengan warna merah dan putih sebagai warna dasar dari gapura, menyamakan dengan warna bendera negara Republik Indonesia.

Memasang lampu warna-warni menghiasi di sepanjang jalanan kampung, ini juga dilakukan pemuda karang taruna Ospek 8 Kebonsari Krajan. Para pemuda itu mengajak para warga kampung untuk berswadaya menghiasi jalanan depan rumah mereka dengan lampu hias kerlap kerlip. Sambutan dari warga atas himbauan pemuda-pemuda ini semakin menjadikan kampung RW 2 Krajan ini meriah jika malam hari. “Bagi yang punya lampu hias, mohon untuk dipasang dijalan. Nanti kita yang akan memasangnya,” begitu kata-kata himbauan dari Sulis Itong tim pemasangan lampu hias.

“Bagi yang tidak punya tolong partisipasinya untuk membeli lampu hias , ini demi kemeriahan kampung kita sendiri,” pungkas Itong.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan