Dosen HTN Unej: Regulasi Pilkades Jember Mencla-Mencle

Read Time:1 Minute, 18 Second

Anasrul, advokat Jember mengatakan gugatan ke PTUN bisa dilakukan oleh Cakades yang tidak diloloskan sebagai calon. Maka proses hukumnya bisa meminta pembatalan SK Penetapan Calon ke PTUN.

Sedangkan calon yang sudah memberikan sumbangan, dengan adanya tambahan anggaran dari APBD, maka harus dilakukan Musdes ulang, sedangkan uang sumbangan calon harus di kembalikan. Jika tidak maka calon dapat melaporkan ke Penegak hukum. Karena dalam pasal 45 ayat ( 2) dan (3) disebut bahwa bakal calon atau calon tidak boleh dibebani anggaran. Jika itu terjadi maka akan dapat diberikan sanksi sesuai aturan-aturan yang berlaku.

“Walaupun sebelumnya ada kesepakatan, namun kesepakatan tersebut dalam analisa cacat hukum, karena adanya keterpaksaan kepada calon, apabila tidak menyumbang akan diberikan sanksi,” ungkap advokat flamboyan ini.

Maka Anasrul menghimbau kepada Pj. Kades dan Panitia segera mengembalikan uang sumbangan calon.

Sedangkan Edy Mulyono,S.H,M.Hum, Dosen Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Jember memberikan pandangan secara aspek hukum dan sosiologis.

Hukum harus konsisten, taat asas dalam pembentukan dan pelaksanaan, tidak boleh mencla-mencle. Implementasi di Kabupaten tercinta “Jember” terkesan tidak konsisten. Menggaris bawahi surat Sekda di awal ada sanksi bagi partisipan dalam mengikuti Pilkades tentang “sumbangan” yang akhirnya surat itu ditarik dengan alasan bertentangan dengan perundang-undangan.

“Nah, disinilah timbul kata-kata mencla-mencle karena bila mengacu ke Perbub pasal 45 ayat 1dan 2 jelas tidak boleh membebani pada calon,” papar Dosen Edy.

Kalau dilihat dari aspek sosiologi, setiap daerah “desa” mempunyai kemampuan yang berbeda. Kalau memang pelaksanaan dicover oleh APBD seharusnya disampaikan dari awal, karena APBDes hanyalah suplemen, komplementernya dikatakan sumbangan dari calon, disini ada ketidak konsistenan dengan Perbub.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan