Lira Probolinggo: MenkumHAM dan Jaksa Agung Jangan dari Parpol

Read Time:1 Minute, 12 Second

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Kabupaten Probolinggo mengadakan Musda Rabu (7/8), kali ini dilaksanakan di Hotel “kampoeng kita” Kecamatan Gading Kab. Probolinggo.

Untuk menekan masifnya gerakan yang mengancam keutuhan negara itu, sejumlah langkah taktis berupa  dekomendasi kebijakan ada 3 rekomendasi Lira:
1. LSM Lira Kabupaten Probolinggo mendukung pemerintah yang sah tetapi tetap kritis dan independen,
2. LSM Lira Kabupaten  Probolinggo menolak paham radikalisme dan setia kepada NKRI, Pancasila 1 Juni serta UUD 1945,
3. Karena diduga pemerintahan Jokowi-JK lemah di bidang penegakan hukum maka, LSM Lira Kab. Probolinggo merekomendasikan kepada Presiden dan Wakil presiden terpilih Joko Widodo-KH. Ma’ruf Amin membentuk kabinet yang menangani bidang hukum tidak direkrut dari unsur partai politik.

Untuk rekomendasi lain, pihaknya mensoroti supremasi hukum yang dinilai masih kuat di bawah namun tumpul ke atas. Ia berharap, kepemimpinan Joko Widodo-Ma’ruf Amin nanti, penegakan hukum lebih lugas tanpa pandang bulu.

“Maka dari itu, kami merekomendasikan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, agar menunjuk menteri dan pejabat yang menangani bidang hukum bukan perwakilan dari partai politik,” pinta Samsudin.

Sekretaris Daerah (Sekda) LIRA Kabupaten Probolinggo, Deni Ilhami mengatakan, rekomendasi yang dihasilkan dalam Rakerda tidak banyak melebar karena mepetnya waktu pelaksanaan. Padahal, jelas dia, banyak rekomendasi dan program yang perlu digodok.

“Nanti akan kami adakan Rakerda lagi untuk membahas program-program kerja dan rekomendasi lain. Saat ini tidak maksimal karena terkendala waktu,” ujar aktivis asal Kecamatan Gending ini.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan