Prioritaskan 45 Persen Rakyat Jember Tersambung Air Bersih PDAM

Read Time:1 Minute, 58 Second

Air bersih di Jember merupakan kebutuhan pokok masyarakat, terutama masyarakat miskin untuk mendapatkannya tentu sangat terbatas. Pemikiran ini menjadikan perlunya pertemuan besar para wakil organisasi maupun masyarakat untuk mendiskusikan dan mengambil keputusan mengenai masalah dan solusinya. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Jember bersama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jember menggelar Kongres Air Minum dengan tujuan memberikan sambungan secara gratis sebanyak 4.000.

Pemasangan sambungan air gratis ini untuk menunjukkan komitmen pemenuhan air bersih bagi semua orang. Ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari air se dunia, dan ini juga pertama kali memberikan pasangan dengan jumlah paling banyak di Indonesia di tahun 2018-2019 yang lalu.

Dalam acara yang digelar ini 4.000 orang yang menjadi peserta kongres adalah penerima sambungan gratis saluran air bersih dari PDAM. Kerja nyata ini adalah wujud dari komitmen Pemerintah Kabupaten Jember, bahwa air bersih adalah hak masyarakat Jember. Program ini mendapat justru apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI), karena banyaknya pemerintah daerah melakukan sambungan gratis air bersih dari PDAM ini.

Program kolaboratif sambungan gratis ini berkat gotong-royong pemerintah daerah Kabupaten Jember dengan pemerintah pusat. Pada tahun 2018, Pemkab Jember melalui APBD memberikan subsidi sebesar Rp.2 Miliar dan meningtkat pada tahun 2019 menjadi Rp.10 Miliar. Penerima pasang gratis ini memiliki kriteria khusus. Diantaranya keluarga dengan ibu hamil terutama untuk mencegah stunting, supaya bisa mendapat air bersih selama kehamilan hingga melahirkan dan anak yang dilahirkan sehat.

Ada juga penerima manfaat dari program ini adalah keluarga yang memiliki balita stunting atau kerdil juga mendapatkan prioritas untuk menikmati air bersih dari pemerintah. Bupati berupaya agar akses air bersih adalah salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah balita stunting. Juga diprioritaskan kepada keluarga yang memiliki anak tahfidz minimal satu juz. Penyambungan gratis ini juga sebagai apresiasi kepada para guru ngaji, keluarga kader posyandu, keluarga takmir masjid. Program ini juga untuk para dhuafa, buruh tani, buruh tembakau. Tidak ketinggalan adalah nelayan, agar bisa meningkat kesejahteraannya.

Bahwa akses air bersih untuk masyarakat jember pada 2017 sekitar 37 persen masyarakat tersambung dengan air bersih. Pada tahun 2018 menjadi 45 persen dan tahun 2019 pemerintah menarget 50 persen masyarakat tersambung dengan PDAM. Karena nantinya sambungan gratis ini juga sebagai upaya bertahap untuk memperluas saluran air bersih di seluruh wilayah kabupaten. Merupakan kerja nyata yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dan perlu didukung masyarakat untuk mewujudkan menjadi seratus persen masyarakat Jember terfasilitasi air bersih dari PDAM.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan