Serai Merah, Khasiatmu Turunkan Hipertensiku

Read Time:1 Minute, 46 Second

Serai merah umumnya ditanam sebagai pengendali hama, minyak atsiri sereh wangi bekerja sebagai bahan penolak. Mekanismenya adalah mengacaukan aroma penarik yang dikeluarkan tanaman inang sehingga pergerakan hama menuju tanaman inang tersebut dapat dialihkan. Minyak ini juga sebagai bahan penghambat makan dimana minyak atsiri sereh wangi yang diaplikasikan pada tanaman inang mampu menekan peran bahan perangsang makan yang dihasilkan tanaman tersebut dan menimbulkan ketidaksukaan sehingga konsumsi hama pada tanaman inang menjadi jauh berkurang.

Akibatnya pertumbuhan hama dan perkembangan populasi menjadi terhambat. Serai dan serai merah, kadang disebut serai ungu ini sebagai tumbuhan biasa yang akar dan batangnya sering dipakai sebagai rempah penyedap masakan. Padahal, minyak atsiri dalam tanaman ini banyak dipakai dalam industri kosmetik untuk pembuatan parfum dan sabun. Serai atau dalam bahasa latinnya disebut Cymbopogon ciatrus adalah genus yang berisi sekitar 55 spesies rumput. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di cuaca hangat dan mencapai ketinggian sekitar 2 sampai 4 meter.

Tanaman serai dipergunakan dalam berbagai kebudayaan terutama untuk kesehatan dan kuliner. Bagian dari tanaman ini yang bisa dipakai untuk herbal meliputi akar, batang, dan daunnya. Nah berikut beberapa khasiat serai yang belum banyak diketahui: Detoksifikasi, serai juga memiliki sifat detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Hal ini bisa membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah disingkirkan. Manfaat pada sistem saraf, minyak esensial yang dibuat menggunakan serai dapat digunakan untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Karenanya minyak serai yang dioleskan ke permukaan tubuh memberikan efek menghangatkan, melemaskan otot dan meredakan kejang.

Serai sebagai bahan herbal juga bisa untuk menurunkan tekanan darah, serai efektif dalam mengurangi tekanan darah, merangsang sirkulasi darah dan menghilangkan masalah tekanan darah. Konsumsi segelas jus serai untuk menurunkan hipertensi. Terutama saat menyantap kuliner daging kambing, apalagi ketika Idul Adha seperti sekarang ini. Konsumsi daging kambing biasanya berlebih dari porsi sehari-hari. “Ben mangan daginge tetep terkontrol, nggodok jamu disek. Mumpung kembang serai wungu ning pekarangan lagi gembel. Ngombene iso dicampur nganggo gula abang utawa gula batu. Disruput mak nyuss, langsung anget ning awak lan pikiran,” begitu kata Pamungkas seorang karyawan swasta ketika menikmati kuliner daging kambing.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan