Gurihnya Grontol, Daftar Menu Diet Kamu

Read Time:55 Second

Salah satu jajan pasar yang semakin langka di pasaran adalah grontol atau blendung, jajan pasar ini merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia terutama wilayah Jawa. Bahan baku utamanya terbuat dari jagung. Sekarang ini sudah jarang ditemui, hanya ada di pasar tradisional. Dulu jika ingin sarapan dengan grontol, cukup di depan gang saja sudah ada yang berjualan. Kini harus pergi ke pasar tradisional baru ada berjualan.

Grontol atau blendung sebenarnya dibuat dari jagung dipipil terus dikum atau direndam dengan air injet (kapur) lalu direbus hingga merekah. Kemudian ketika mau dimakan cukup ditambahkan dengan kelapa parut dan garam atau kelapa parut dan gula, disesuaikan dengan selera saja.

“Kalau aku lebih seneng makan grontol yang diulet dengan taburan garam dan parutan kelapa muda , dengan begitu lebih terasa gurihnya,” kata Anik ibu rumah tangga yang suka jajanan pasar.

Aneka jenis makanan dari aneka olahan palawija seperti blendung dari jagung, gatot terbuat dari ketela pohon, grontol, tiwul dan sawut sangat cocok sebagai pengganti nasi, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Mengkonsumsi jajanan pasar tersebut juga akan menjaga kesehatan sekaligus melestarikan warisan makanan tradisional sebagai kekayaan kuliner Nusantara.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan