Kenali Ikanmu, Hindari Racunnya, Panen Hasil Laut Pantai Puger Semoga Berkah

Read Time:1 Minute, 19 Second

Viralnya berita keracunan ikan tongkol di media sosial membuat beberapa warga Puger suarakan pendapatnya. Pada selasa 31 Desember 2019 yang lalu TPI atau Pasar Ikan Puger dipadati ribuan orang dari jember maupun luar daerah Jember. Hingga terjadi kemacetan di jalur menuju TPI, sebagian besar masyarakat datang ke TPI (Tempat Pelelangan Ikan) untuk membeli ikan, untuk pesta bakar ikan di malam tahun baru 2020.

Namun setelah ramainya berita bahwa di sejumlah daerah di Kabupaten Jember ada masyarakat yang keracunan pasca makan ikan tongkol. Sekitar ada ratusan orang, terbagi di beberapa kecamatan di Jember. Beberapa warga Puger pun berpendapat.

“Ada beberapa kemungkinan penyebab keracunan ikan, pertama ikan tongkol yang dibeli di TPI Puger sudah tidak segar. Penyebab kedua ikan yang dibeli memang masih segar namun saat dibawa pulang dari Puger tidak diberi es batu atau garam hingga membuat ikan tidak segar dan tidak layak di kosumsi. Ketiga cara bakar ikan yang salah juga menjadi faktor penyebab keracunan ikan bakar yang dikonsumsi kurang matang,” ujar Mulya Cahya, Ketua Pokmas Pantai Pancer Puger Jember.

Sementara pada Selasa kemarin kondisi laut Puger lagi panen ikan tongkol, dan harga ikan cenderung murah. Demikian beberapa pendapat warga Puger yang dihimpun melalui warung-warung dan tongkrongan warga di pantai Puger.

“Berikut tips membeli ikan, pastikan ikan berwarna terang tidak pucat. Kenali dari insang ikan, pilih yang masih berwarna merah. Bila dalam perjalanan jauh sebaiknya beli box ikan dan beri es batu atau garam agar menjaga ikan tetap segar sampai tujuan. Bila dirasa ragu akan kesegaran ikan sebaiknya tidak dibakar namun di pindang atau kukus dan selanjutnya bisa di goreng agak kering,” tandas Mulya.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan