OMNAS 2019, Potensi P2S3 yang Begitu Besar

Read Time:2 Minute, 47 Second

OMNAS (Olimpiade Mafahim Nasional) merupakan salah satu program unggulan dari sekian banyak program yang ada, tahun 2014 adalah awal pelaksanaan OMNAS di Pondok Pesantren as-Sunniyah Kencong, Jember. Namun, hanya terdiri dari satu cabang lomba yaitu cerdas cermat, dua tahun berselang (2016) OMNAS kembali di gelar bertempat di Pondok Pesantren Darullughah wad Dakwah Bangil, Pasuruan. Pada OMNAS yang ke dua ini cabang perlombaan bertambah menjadi 3 kategori cabang lomba yang terdiri dari cerdas cermat, film pendek islami serta presentasi mafahim.

Tahun 2019 menjadi tahun bersejarah bagi Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, karena OMNAS ke tiga di laksanakan di pondok pesantren daerah timur pulau Jawa tersebut dengan sangat meriah dan penuh kehangatan, pada acara kali ini ada beberapa penambahan kategori cabang lomba hingga pada akhirnya, ada 6 cabang lomba yang di pertandingkan diantaranya: cerdas cermat, film pendek islami, presentasi mafahim, membaca kitab kuning karya abuya, insyad syami dan gowes berjamaah.

Dalam pelaksanaannya cabang-cabang lomba tersebut di sebar ke 7 titik strategis area pesantren di antaranya cerdas cermat tersebar di tiga tempat yaitu Auditorium putra, Auditorium SMK Ibrahimy 1 dan depan kampus Universitas Ibrahimy, film pendek islami di tempatkan di ruang work shop SMK Ibrahimy 1, presentasi mafahim di tempatkan di laboratorium persidangan fakultas syari’ah, membaca kitab kuning di tempatkan di Musholla Ibrahimy, insyad syami di panggung utama sedangkan gowes berjamaah start dari lokasi parkir religi dan finis di wisata Samir Situbondo sejauh kurang lebih 15 km yang di ikuti oleh seluruh pengurus martab markazi dan pengurus hawari Hai’ah ash-Shofwah al-Malikiyah.

Penempatan OMNAS ke tiga di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo bukan tanpa alasan, keputusan tersebut di ambil pada forum MUKERNAS Hai’ah ash-Sofwah di Pacet, Mojokerto Jawa Timur, atas instruksi KH. Ihya’ Ulumudin selaku pimpinan tertinggi Hai’ah ash-Shofwah al-Malikiyah kepada KHR. Ach. Azaim Ibrahimy (pengasuh P2S3) karena melihat potensi pondok pesanten yang begitu besar, paradigma tersebut bukan hanya sekedar frem tanpa kajian, akan tetapi berdasarkan tinjauan implementatif di karenakan dua kegiatan besar sebelumnya sukses di laksanakan yaitu Training of Trainer (TOT) dan Multaqo Sanawi beberapa tahun sebelumnya, sedianya persiapan yang di rancang oleh panitia telah di lakukan pada bulan Mei (Ramadhan). Namun, secara teknis segala persiapan OMNAS di lakukan dari awal Agustus hingga pada 3 September kegiatan tersebut di laksanakan, persiapan yang begitu matang tersebut di lakukan, agar saat pelaksanaan OMNAS tidak terjadi kendala yang tidak di inginkan.

Alhasil, acara yang di helat selama tiga hari itu (3-5 September) berjalan lancar dan sukses bahkan lebih meriah dari OMNAS sebelumnya karena di ikuti oleh 350 peserta santri putra seluruh pondok pesantren abna’ Abuya al-Maliki se-Indonesia. Secara ekstrinsik OMNAS bersubstansi untuk mempertahankan dan mensyiarkan Ahlussunnah wal Jamaah ala manhaj Abuya al-Maliki sebagai landasasn ideologis-teologis dalam beragama agar para santri di bentengi dengan akidah yang sesuai petunjuk atau ajaran Rasulullah SAW dan termaktub dalam bimbingan para salafuna ash-shaleh dan para ulama’ sehingga dapat menghiasi kehidupannya dengan ajaran yang benar dan terhindar dari doktrin-doktrin yang dapat menjerumuskan mereka kepada jurang kehinaan.

Secara instriksik OMNAS berkonotasi sebagai bentuk kecintaan kepada Abuya al-Maliki serta beramal untuk agama bahkan terhadap persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Sudah sepantasnya kita sebagai kita sebagai kaum sarungan milenial mempersiapkan segala bentuk keilmuan bergenre Ahlussunnah wal Jamaah dalam menghadapi segala bentuk perubahan dan tantangan zaman.

Fawaied Aqiel Fahmy

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan