Ansos ala Bumbata Saat Workshop Literasi di Kampung Durian, Libas Lirik Laskar Pelangi Selaras Cita Remaja Desa

0 0
Read Time:2 Minute, 0 Second

JEMBER – Kegiatan J-Permataku (Jember Perkumpulan Remaja Pencinta Buku) Desa Pakis Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tanggal 30 Oktober 2022 di Kampung Durian Desa Pakis Kec Panti. Kegiatan J-Permataku yang pertama ini didampingi dan dibina oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember, yang dilakukan sebagai tindak lanjut dari Kegiatan Pembentukan dan Pengukuhan Pengurus J-Permataku Minggu 23 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampung Durian, Desa Pakis, Kecamatan Panti dan diikuti kurang lebih 30 Remaja yang diberi nama Kegiatan Literasi: ”WORKSHOP LITERASI AKU DAN DESAKU”. Workshop Literasi Aku dan Desaku dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember Yuliana Harimurti,SE,M.Si, Kepala Desa Pakis, Kec Panti, Kab Jember Bapak Zaini, dipandu oleh Forum Taman Bacaan Masyarakat Kabupaten Jember (FTBM) dengan fasilitator oleh Ketua FTBM Kabupaten Jember Mbak Prita HW.

“Kegiatan ini mengusung tema “Upgrading Visioning J-Permataku”, dengan maksud dan tujuan untuk mengembangkan, memperluas dan meningkatkan visi dan pola pikir dari para remaja di desa pakis melalui literasi, kegiatan diawali dengan mengaplikasi “Bumbata” yaitu Buka Mata, Buka Hati, dan Buka Telinga. Dengan sasaran untuk membuka wawasan dan cara berfikir yang lebih luas berkembang bagi para remaja Desa Pakis, Kecamatan Panti,” ungkap Kepala Dinas kepada puluhan wartawan.

Adapun kegiatan ini dikemas dengan mengaplikasikan metode pembelajaran yang melibatkan semua indra di tubuh dan badan peserta agar remaja desa yang awalnya tidak pernah melakukan kegiatan literasi menjadi bersemangat seperti berkenalan dengan cara kegemaran masing masing, berkegiatan dalam kelompok menggunting dan menempel sesuai kreatifitas, menulis dan menyampaikan impian untuk para remaja dan desanya kedepan, bernyanyi dan menggubah lagu “Laskar Pelangi” di isi dengan lirik dari impian dan cita-cita dari masing-masing remaja yang di sesuaikan dengan ide, imajinasi dan pikiran remaja Desa Pakis, yang akhirnya masing masing dapat menyampaikan idenya untuk kegiatan kegiatan produktif J-Permataku di kemudian hari.

Untuk mencapai tujuan agar tingkat baca masyarakat di Desa Pakis Kecamatan Panti terus meningkat, wawasannya lebih luas J-Permataku akan mengadakan kegiatan kembali minggu depan 6 Nopember 2022 di Jember Mini Zoo. Remaja Desa yang tergabung dalam J-Permataku ini ke depan diharapkan akan menjadi penggerak dalam kegiatan Perpustakaan Desa.

J- Permataku (Jember- Perkumpulan Remaja Pencinta Buku) dibentuk berdasarkan SK Bupati Jember Nomor : 188.45/439/1.12/2022 Tanggal 18 Oktober 2022 Tentang Pembentukan J-Permataku Kabupaten Jember. Dalam SK tersebut menetapkan bahwa seluruh Desa Kabupaten Jember membentuk J-Permataku. J- Permataku akan berkegiatan dengan pembinaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Jember.

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.