Kader GTRA Dilatih Terampil Pemetaan

Read Time:1 Minute, 1 Second

Gerakan petani untuk mendukung terbentuknya GTRA (Gugus Tugas Reforma Agraria) di Jember disikapi oleh organisasi tani lokal di wilayah Sumberjati, Garahan, Sidomulyo yang dikoordinasi oleh FSPG Silo melatih para pemuda-pemudi desanya dalam melakukan pemetaan lapangan. Sebanyak 15 orang dipersiapkan sebagai petugas pendata lapangan terutama mencatat fakta penguasaan atas lahan serta mengukur titik koordinatnya.

Sementara pemudi kader GTRA yang perempuan bertugas entry data baik dengan aplikasi maupun hardcopy. Menurut Jumain Kader GTRA memang disiapkan oleh Sekti dengan tujuan agar nantinya ketika pelaksanaan GTRA oleh Kabupaten Jember, dapat memperlancar pekerjaan dari petugas pelaksana GTRA itu sendiri. SEKTI melatih kader otlnya menjadi kader GTRA yang siap membantu pelaksana tugas GTRA Kabupaten.

“Saya kawatir jika tidak didampingi oleh kader tani di lokal-lokal tersebut bisa jadi data itu keliru atau pekerjaan itu lambat karena petugas tidak mengenal betul kondisi wilayahnya. Dan ini bisa merugikan petani kita. Kita gak mau terjadi seperti itu,” kata Jumain Ketua Dewan Penasehat Sekti.

Hari ini kader-kader GTRA sedang dilatih untuk menggunakan GPS oleh tenaga ahli Sekti yaitu Fausy,SP, setiap kader diharapkan mampu melakukan pendataan dan pemetaan lahan yang diperjuangkan oleh petani kita. Dan ke depan akan juga dilakukan pendataan potensi tanaman sebagai pengembangan basis perekonomian SEKTI untuk mewujudkan kesejahteraan ekonomi anggotanya.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan