Mahasiswa KKN 60 Unej Gencarkan Media Platform Sebagai Pendukung Kegiatan Belajar Siswa

Read Time:1 Minute, 45 Second

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back to Village Universitas Jember telah usai. Pada tahun ini, Universitas Jember menggagas program Kuliah Kerja Nyata (KKN) bertema “Back to Village” atau KKN Mandiri yang dilaksanakan di daerah masing-masing, tempat mahasiswa berasal dan dilaksanakan secara individu oleh mahasiswa sebagai bentuk pencegahan penularan covid-19.

Salah satu mahasiswa KKN bernama Wardatul Azizah fakultas Ekonomi dan Bisnis Angkatan 2017 turut berkontribusi mensukseskan KKN UNEJ melalui Tematik Program Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak Sekolah Saat Covid-19. Azizah mengenalkan platform belajar online kepada guru, dan siswa SD di Desa Pace, Kec. Silo, Kab. Jember. Menurut Azizah pengenalan platform berupa Google Classroom dan Google Form pada guru dan siswa juga penting untuk mengejar arus teknologi apalagi dalam situasi pandemi saat ini.

Bahkan kita semua tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, pengenalan media platform sebagai aplikasi belajar online pada guru dan siswa menurut Azizah juga penting, karena mau tidak mau kita harus mengikuti laju teknologi yang ada. Akan tetapi, sistem belajar online yang sudah diterapkan di dunia pendidikan membuat siswa sekolah dasar merasa kesulitan untuk mengolah pembelajaran dari sekolah, karena kurang maksimal. Hal tersebut terjadi karena siswa merasa asing dengan aplikasi yang diterapkan.

Sehingga, Azizah dengan persetujuan dosen pembimbing lapangan (DPL), yaitu Bapak Sundahri, membuat beberapa program pelatihan dan pengaplikasian pembelajaran online dengan memanfaatkan media platform sebagai bentuk dukungan terhadap dunia pendidikan. Pelatihan dan pengaplikasian media platform dilakukan dalam bentuk pengenalan aplikasi google classroom, dan google form. Siswa diajarkan bagaimana cara penggunaannya, mendistribusikan tugas, mengirim masukan dan melihat semuanya disatu tempat.

Azizah mengatakan bahwa dalam melakukan pelatihan dan pendampingan tersebut secara offline maupun online, tujuannya agar sasaran dapat memahami secara maksimal. “Ibu Siti Salamah, sebagai wali murid sasaran Azizah mengungkapkan bahwa adanya KKN Back to Village 2020 ini bermanfaat untuk perkembangan media pembelajaran anak, mendapatkan ilmu yang bermanfaat dengan menggunakan platform yang telah dipraktekan selama kegiatan belajar online, dan siswa juga tambah semangat belajar dan mengerjakan tugas-tugasnya”, Ungkapnya.

Menurut Azizah selaku mahasiswa KKN 60 UNEJ, berharap bahwa pelatihan dan pengenalan media platform ini dapat bermanfaat seterusnya bagi guru dan siswa, serta dapat menstransformasikan media platform tersebut pada wali murid nantiya.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan