Mahasiswa KKN Unmuh Jember Ciptakan Taman Baca Masyarakat Di Desa Panduman

Read Time:2 Minute, 37 Second

Pendidikan adalah alat utama bagi manusia untuk meningkatkan standar hidup mereka. Dengan pendidikan, manusia dapat bekerja, meningkatkan ekonomi, dan berpartisipasi dalam lingkungan sosial. Dalam mendukung program pendidikan untuk masyarakat yang adil, pemerintah menyediakan jalur pendidikan nonformal dan informal melalui pengembangan pusat pendidikan non-formal dan informal serta perpustakaan umum.

Taman Bacaan Masyarakat atau dikenal dengan singkatan TBM adalah perpustakaan skala kecil yang dikenal sebagai sudut baca, rumah baca, rumah pintar, dan sebagainya. Dalam petunjuk teknis TBM yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, TBM adalah lembaga yang mempromosikan kebiasaan membaca yang menyediakan ruang untuk membaca, berdiskusi, membaca buku, menulis, dan kegiatan serupa lainnya, yang dilengkapi dengan bahan bacaan, seperti buku, majalah, tabloid, surat kabar, komik, dan materi multimedia lainnya, dan didukung oleh sumber daya manusia yang bertindak sebagai motivator.

dalam hal ini, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 12 Mempelopori terbentuknya Taman Baca Masyarakat yang di beri nama Tholabul ‘Ilmi di desa Panduman, Kecamatan Jelbuk (20/02/2020)

Kegiatan untuk mewujudkan TBM Tholabul ‘Ilmi tersebut di mulai tanggal 10-20 Februari 2020, kegiatan di awali dengan kordinasi dengan bapak Winarko selaku kepala desa, sekaligus memohon ijin untuk penggunaan ruang di kantor desa. Lanjut, berkordinasi dengan karang taruna desa panduman (REPANDU), kemudian bersama-sama dengan REPANDU mendekor TBM agar tampak menarik.

Menurut Fararida Herrin buku pelajaran TK, SD/MI, SMP/MTS dan SMA/MA atau buku Pengetahuan Umum seperti buku Pertanian, kesehatan, Hukum, Keislaman yang di gunakan untuk Mengisi TBM Tholabul Ilmi kami dapat dari donasi beberapa Mahasiswa-mahasiswi UM Jember, Dosen-dosen UM jember, Perpustakaan UM Jember dan Masyarakat Panduman dengan total buku kurang lebih 328. Kegiatan Donasi tersebut sudah di mulai sebelum Penerjunan KKN UM Jember.

“Memang Pengadaan donasi buku yang kami lakukan masih belum maksimal, namun ini langkah awal yang bagus untuk memulai satu hal yang baik” Ujar Fararida Herrin selaku Ketua Pelaksanaa Pengadaan TBM.

Mohammad Rizky Juniar A.P menyampaikan hal penting dalam pengadaan TBM ini adalah menanamkan niat dan komitmen yang kuat untuk memberdayakan masyarakat kususnya generasi pemuda akan pentingnya menegakkan tradisi baca dan budaya literasi.

“Tanpa niat dan komitmen yang kokoh, sudah dapat dipastikan TBM yang didirikan tidak akan berumur panjang. Alhasil, tidak ada gunanya membangun TBM dan yang patut disesali bila masyarakat sudah punya harapan tapi terbunuh karena TBM tersebut tidak lagi beroperasi”. Ujar Muhammad Rizky Januar A. P selaku Kordes.

Lanjut TBM Tholabul ‘Ilmi Di Resmikan dengan prosesi pemotongan pita secara simbolis oleh bapak Kepala desa bersama Karang taruna REPANDU desa panduman.

Bapak Winarko menegaskan bahwa pengadaan TBM Tholabul ‘Ilmi ini akan sangat membantu bagi peningkatan minat membaca masyarakat panduman dan Sebagai sarana silaturahim antara pemerintah Desa dan mahasiswa KKN UM Jember, harapan kami nantik setelah KKN UM Jember berakhir, Mahasiswa masih sangat di harapkan untuk membantu mengembangan TBM tersebut.

“Kami menyampaikan trimaksih banyak kepada KKN UM Jember yang telah mewujudkan apa yang kami harapkan dari dulu” Tutur bapak Winarko selaku Kepala Desa Panduman.

Terakhir Kami berharap besar atas diresmikannya TBM Tholabul ‘Ilmi mampu menjadi motivator untuk membangun kesadaran belajar masyarakat seperti arti dari Tholabul ‘Ilmi tersendiri yakni menyerukan untuk selalu menuntut ilmu dan untuk Kepengurusan TBM nantinya agar selalu merawat apa yang sudah KKN UM Jember mulai.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan