Peduli Pendidikan Ditengah Pandemi, Mahasiswa KKN 21 Unej Menginisiasi Pembentukan Kelompok Belajar Anak Desa Trebungan

Read Time:2 Minute, 54 Second

Pelaksanaan KKN Back to Village Universitas Jember 2020 telah memasuki minggu keenam terhitung sejak penerjunan mahasiwa KKN periode II tanggal 1 Juli 2020. Kegiatan KKN yang dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri menunjukkan dampak nyata bagi masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan adanya inovasi dan produk unggulan yang dilakukan oleh setiap mahasiswa yang tertuang dalam program kerja masing-masing selama pandemi COVID-19 berlangsung. Salah satu manfaat yang dapat kita lihat ialah dalam sektor pendidikan, dibuktikan dengan banyaknya pengajar dan pelajar yang merasa terbantu dengan adanya pelaksanaan KKN Back To Village oleh mahasiswa KKN Universitas Jember.

Program yang diusung dalam KKN kali ini ialah pembentukan kelompok belajar anak-anak dan pendampingan yang dibantu oleh volunteer yaitu guru di Desa Trebungan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, dengan tema “Program Inovasi Pendukung Pembelajaran Anak Sekolah Saat COVID-19”. Hal tersebut timbul karena banyaknya pelajar yang merasa kesulitan dalam belajar secara mandiri, dimana pengajar belum bisa memberikan materi pelajaran secara maksimal sehingga proses pembelajaran dari rumah terasa lebih berat dari sebelumnya. Masalah yang juga timbul ialah ketertinggalan materi di sekolah yang banyak dirasakan oleh pelajar. Permasalahan tersebut sangat berpengaruh terhadap pelajar yang merasa kurang efektif dan optimalnya proses pembelajaran yang dilakukan selama pandemi berlangsung.

Kondisi tersebut menimbulkan masalah yang dihadapi oleh pelajar maupun pengajar selama pandemi COVID-19, sehingga dilakukan realisasi program kerja inovasi pembelajaran dengan membentuk kelompok belajar anak-anak yang dibantu oleh volunteer yaitu guru. Tujuan dari program ini adalah membantu dan mendampingi anak-anak untuk belajar mandiri dirumah. Langkah pertama yang dilakukan ialah mengajak anak-anak desa setempat untuk bergabung dalam kelompok belajar, dilanjutkan dengan melakukan pelatihan dan sosialisasi kepada volunteer. Langkah selanjutnya ialah pelaksanaan pembelajaran kepada anak-anak dalam kelompok belajar yang dilakukan oleh volunteer dengan didampingi oleh mahasiswa KKN Universitas Jember. Kegiatan dalam kelompok belajar anak-anak dilakukan secara tatap muka selama 3 kali dalam seminggu dengan tetap memperhatikan zonasi dan protokol kesehatan, yaitu dengan menggunakan masker dan handsanitizer setiap sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung.

Metode pembelajaran dalam kelompok belajar anak-anak ini dilakukan secara bergantian (shift model) guna menghindari kerumunan yang terlalu banyak. Metode tersebut dirancang untuk menyiasati rasa bosan dan jenuh anak-anak ketika harus belajar sendiri di rumah. Pembentukan kelompok belajar dengan didampingi oleh volunteer memungkinkan anak-anak untuk tetap belajar dan melakukan interaksi bersama teman-teman yang lain. Peran serta volunter yang didampingi oleh mahasiswa KKN Universitas Jember dalam kelompok belajar ialah untuk melakukan kolaborasi dalam membantu anak-anak mengejar ketertinggalan materi. Kegiatan mendampingi volunteer dalam melakukan pembelajaran kepada anak-anak dalam kelompok belajar dilakukan dengan memperkenalkan media pembelajaran online seperti Zenius dan Quizizz serta aplikasi pendukung seperti Zoom dan Google Meet. Zenius merupakan aplikasi belajar yang berisi penjelasan materi secara lengkap dalam bentuk video, sedangkan Quizizz merupakan alat belajar mandiri berisi kuis interaktif yang dapat membantu siwa dalam menikmati proses belajar. Tidak berhenti disana, program kerja yang dilakukan dalam kelompok belajar ialah memperkenalkan Zoom dan Google Meet sebagai inovasi pendukung pembelajaran. Zoom dan Google meet adalah aplikasi online meeting yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan tatap muka secara online. Hal tersebut dilakukan agar kelompok belajar anak-anak yang diadakan di Desa Trebungan dapat tetap berlangsung secara maksimal walaupun dilaksanakan ditengah pandemi COVID-19.

Demikian program kerja dalam kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Trebungan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. Kegiatan dan program kerja yang dilakukan tersebut diharapkan agar pelaksanaan KKN UNEJ Back To Village dapat membawa dampak positif bagi masyarakat khususnya dibidang pendidikan yaitu bagi pelajar dan pengajar guna membantu proses belajar mengajar selama pandemi berlangsung.

(Nuril/KKN21/Situbondo/AgustinDewi)

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan