Penguatan Kapasitas Dosen Melalui FGD Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Unej

Read Time:1 Minute, 32 Second

dosen Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember (FIB UNEJ) melakukan penguatan kapasitas dosen melalui FGD (Forum Group Discussion) yang bertempat di ruang sidang FIB Unej.Rabu (12/2/2020).

acara tersebut dibuka dengan gendhing Kinanthi Subakastawa oleh Dr. Asri Sundari, M.Si. dan Didik Suharijadi, S.S., M.A.,.

FGD perdana ini mengambil tema Penguatan Teori dan Metodologi LinguistikTerapan (Roadmap Topik dan Tematik Skrispsi S1). Hal ini menjadi salah satu agenda penting yang harus dilakukan berbagai program studi di perguruan tinggi. Tuntutan stakeholder pada lulusan perguruan tinggi membuat Kemendikbud melakukan berbagai evaluasi terhadap kebijakan yang ada. Salah satuya evaluasi terhadap kebijakan di bidang kurikulum.

Perubahan pada kurikulum tentu membuat dosen yang ada di bawah program studi harus melakukan penguatan kapasitas diri. Penguatan diri ini dilakukan dalam rangka menyelaraskan dengan kebutuhan stakeholder dan kebijakan Kemendikbud. Melalui FGD dengan pemantik diskusi Prof. Dr. Bambang Wibisono, M.Pd. dan Dr. Agus Sariono, M.Hum. ini para dosen di Prodi Sastra Indonesia FIB Unej mencoba pengembangan ilmu linguistik terapan yang saat ini berkembang secara pesat.

Dengan diskusi ini, diharapkan juga
akan berdampak krusial pada tugas akhir mahasiswa. Tugas akhir mahasiswa yang seringkali hanya berganti objek juga karena kurikulum yang dipakai saat ini adalah kurikulum lama tahun 2012 di Jurusan Sastra Indonesia. Untuk melakukan perubahan secara krusial pada tugas akhir mahasiswa, pada FGD ini dilakukan juga pemetaan tugas akhir mahasiswa. Dengan pemetaan ini diharapkan judul tugas akhir mahasiswa juga akan lebih bervariasi. Dengan bervariasinya judul tugas akhir mahasiswa tentu membuat teori dan metodologi linguistik diharapkan akan berkembang pesat. Hal ini menjadi satu tuntutan yang cukup penting karena saat ini pengguna lulusan juga memperhatikan judul tugas akhir lulusan.

FGD Perdana ini berjalan cukup sukses karena dihadiri oleh 80% dosen prodi Sastra Indonesia dan beberapa guru besar dari Prodi Sastra Inggris FIB Unej. Kesuksesan FGD perdana ini diharapkan dapat dilanjutkan pada FGD berikutnya.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan