Pertunjukan Kesenian Teras FIB Angkat Kegelisahan Kasus Stunting Dalam Acara Panggung Inspirasi KKN Unej

Read Time:1 Minute, 19 Second

Penanganan stunting tidak hanya dilakukan oleh Kementerian Kesehatan RI atau pemerintah daerah saja, namun juga menjadi kepedulian semua pihak termasuk Universitas Jember karena melihat tingginya angka balita penderita stunting di Jember. Salah satu kontribusi yang dilakukan oleh Kampus Tegalboto adalah dengan menerjunkan 3500 mahasiswanya dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik.baik di bidang Kewirausahaan, Desa Wisata, Desa Bebas Stunting, Desa tangguh bencana, Desa pduli buruh migran dll.

Kali ini ajakan tersebut disampaikan saat pembekalan mahasiswa KKN Universitas Jember yang dikemas dalam acara Panggung Inspirasi melalui pertunjunkan teater. Di Gedung Soetarjo Universitas Jember .Senin (8/07/2019)

Koordinator Kesenian Teras, Siti menjelaskan bahwa dalam pertunjukan ini menggambarkan maraknya pernikahan usia dini. Usia ayah dan ibu masih terlampau muda membuat risiko stunting menjadi meningkat serta masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, seperti lakon yang di bawa oleh Irvan (sebagai anak yang terserang stunting). Hal ini mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya. Bahkan berdampak buruk pada aspek kognitifnya.

“ sosialisasi cegah stunting lewat pertunjukan ini, harapannya semoga mahasiswa KKN yang terjun ke masyarakat nantinya mampu memberantas permasalahan ini “ ungkap Siti

Sementara Koordinator Pusat KKN Unej, Dr. Ali Badrudin, MA. menyampaikan bahwa kegiatan panggung inspirasi KKN ini sebagai bekal pengetahuan dalam merencanakan program nantinya ketika terjun ke masyarakat.

“untuk masalah Pencegahan Stunting memang menjadi salah satu program prioritas KKN Universitas Jember serta turut membantu pencapaian SDGs, jadi mahasiswa kami arahkan untuk membuat program yang intinya memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya dan penanganan stunting sesuai kondisi lapangan” tegas Dosen Ali Badrudin

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan