Universitas Jember membangun Kewirausahaan Dan Ekonomi Kreatif Melalui Peran Mahasiswa KKN Di Desa

Read Time:1 Minute, 26 Second

Pada tanggal 08 Juli 2019, Universitas Jember melaksanakan Kelas Inspirasi II. Sebanyak 1000 mahasiswa yang merupakan perwakilan dari peserta KKN Universitas Jember Periode II 2019/2020. Acara yang dilaksanakan di Gedung Soetardjo.

Universitas Jember ini adalah hasil kolaborasi antara LP2M Unej dan USAID, dimana acara ini menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompeten di bidangnya khususnya yang berkaitan tentang kewirausahaan.

KKN periode ini adalah KKN pertama dimana lokasi penempatannya meluas ke lokasi di luar daerah “Tapal Kuda”. Kabupaten-kabupaten yang ditempati KKN Tematik Univ. Jember ini meliputi Kab. Jember, Kab. Bondowoso, Kab. Situbondo, Kab. Probolinggo, Kab. Lumajang, Kab. Pangkep, Kab. Bangka Barat dan Kab. Pacitan. Acara yang dibuka langsung oleh Ketua LP2M Univ. Jember Achmad Subagio ini juga menekankan bahwa KKN Unej saat ini adalah KKN untuk bangsa.

KKN Tematik Unej adalah KKN yang memfokuskan kepada hasil sehingga efeknya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sekitar tempat KKN. KKN Tematik Unej dibagi menjadi 14 Tematik diantaranya adalah Desa Wisata dan Wirausaha, Desa Sejahtera Mandiri, Desa Perempuan Mandiri, Desa Tangguh Bencana, Desa Bebas Stunting dan Sanitasi, Desa Kampung KB, Desa Mandiri Data dan Informasi Berbasis TIK, Desa Kewirausahaan, Desa TIK, Desa Pemuda Tani, Desa Wirausaha dan Pesantren, Desa Kewirausahaan Pesantren, Desa Peduli Buruh Migran dan Desa Wirausaha. Menurut Rektor Univ. Jember Moh. Hasan, pengidentifikasian masalah di awal harapannya mahasiswa KKN yang diterjunkan dapat fokus memanfaatkan waktu yang tersedia sehingga program-program yang akan dijalankan dapat berguna bagi desa dan masyarakat sekitar tempat KKN.

Menurut Ali Badrudin sebagai Ketua Pusat KKN Univ. Jember mengatakan bahwa, meningkatkan potensi desa bukan hal yang mudah, tapi bukan tidak mungkin. Diharapkan mahasiswa KKN yang diterjunkan dapat menggali potensi desa yang ada dan tujuan akhirnya dapat meningkatkan perekonomian desa sehingga berdampak positif pada isu ketenagakerjaan.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan