Bu Rohini Sudah Tak Kehujanan Lagi Berkat Bedah Rumah yang Difasilitasi Puan Maharani

0 0
Read Time:2 Minute, 44 Second

BREBES – Tangis Ibu Rohini pecah kala bertemu dengan Ketua DPR RI Puan Maharani. Warga Brebes, Jawa Tengah itu terharu karena rumahnya kini telah diperbaiki melalui program bedah rumah yang difasilitasi oleh Puan.

Puan datang ke Ketanggungan, Brebes, Selasa (5/7/2022), untuk mengecek hasil program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Di tahun 2021, ada 100 rumah di Kabupaten Brebes yang memperoleh bantuan bedah rumah melalui program ini.

Salah satu penerima bantuan BSPS adalah Rohini, seorang janda 5 anak yang sehari-harinya bekerja serabutan. Rohini sebelumnya tinggal di sebuah rumah yang tidak layak huni.

Rumah Rohini hanya berdinding papan kayu dan anyaman. Lantainya pun masih beralaskan tanah. Atap rumah yang sudah keropos membuat Rohini dan anak-anaknya sering merasakan sengatan panas, dan air hujan yang masuk ke dalam rumah karena kebocoran parah.

Setelah mendapat program BSPS, rumah Rohini sudah lebih baik. Lantainya diplester dan atap rumah serta dinding telah diganti. Kini, rumah Rohini telah menjadi rumah semi permanen yang layak huni dengan sanitasi dan saluran udara yang baik.

Merasa bersyukur atas bantuan yang terwujud berkat fasilitas Puan, Rohini menangis haru. Ia memeluk Puan sambil menangis tergugu hingga terbata-bata saat berbicara.

“Terima kasih ibu sudah dibantu. Sekarang saya dan anak-anak tidak kepanasan lagi, sudah tidak kehujanan lagi,” ujar Rohini terisak.

“Memang ibu tahu saya yang fasilitasi?” tanya Puan sambil mengusap-usap punggung Rohini untuk menenangkannya.

“Tahu ibu, terima kasih banyak,” jawab Rohini yang kini menjadi tulang punggung keluarganya.

Sejumlah warga yang hadir dalam acara tampak ikut menangis karena merasakan rasa syukur yang sama. Haru juga menyelimuti anggota DPR dan Forkopimda Brebes yang hadir.

“Alhamdulillah sekarang sudah bisa tidur dengan lebih nyenyak di rumah ya bu,” ucap Puan yang juga menitikan air mata.

Kepada penerima BSPS di Brebes, Puan berharap program bedah rumah dari Kementerian PUPR dapat memperbaiki kualitas kehidupan mereka. Di tahun 2022, ada 1.300 unit rumah di Kabupaten Brebes yang menerima program bantuan bedah rumah.

“Ibu Rohini menjadi salah satu bukti bahwa apa yang diberikan hari ini bermanfaat. Semoga bapak/ibu bisa mendapatkan rumah yang baik, memberikan kesehatan bagi keluarganya sehingga sehat lahir dan batin,” kata perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI tersebut.

Puan juga berpesan, uang untuk program bedah rumah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ia mengingatkan kepada petugas agar pengawasan dilakukan secara optimal.

“Sumbangan ini hanya untuk membangun atau memperbaiki rumah. Jangan dipakai untuk hal-hal lain,” tegas Puan.

Setelah menyapa penerima program BSPS di Brebes tahun 2021, Puan berkeliling perkampungan di wilayah Ketanggungan. Di jalan-jalan utama, banyak warga berdiri di sisi jalan menyambut kedatangan cucu Proklamator RI Bung Karno itu.

Sesekali tampak Puan menyapa warga yang ramai menyambutnya. Terdengar juga teriakan dari warga memberi doa untuk Puan.

“Puan presiden, Puan presiden,” teriak sejumlah warga.

Puan lalu menyurusi gang-gang sempit di salah satu permukiman warga. Ia pun mengecek rumah yang sedang dilakukan bedah rumah lewat program BSPS tahun 2022.

Mantan Menko PMK itu melakukan survei di rumah Rasmun yang saat ini dalam proses perbaikan. Rasmun tinggal bersama anak dan cucu-cucunya.

“Saya doakan dengan adanya bantuan ini supaya rumahnya bisa menjadi tempat berlindung keluarga yang baik, menjadi tempat keluarga bisa berkumpu, karena keluarga itu penting,” ucapnya.

“Semoga apa yang kami lakukan lewat peran kami di DPR dapat bermanfaat untuk rakyat,” tutup Puan.

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.