Dugaan Galian C Ilegal, Satpol PP Akan Kroscek, Kades Maron Kidul Bilang Reklamasi

Read Time:1 Minute, 26 Second

Keluhan dari masyarakat khususnya sekitar tambang seakan tidak ada yang mendengar, terkait jalan yang rusak mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Disebabkan karena Dump Truk yang lalu lalang mengangkut galian C (tanah urug) yang berlokasi di Dusun Lebbe Desa Maron Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.

Lokasi tambang tersebut diduga tidak berijin (ilegal) karena berdasarkan hasil temuan di lapangan serta investigasi tim LSM Paskal dan informasi lain dari narasumber bahwa kegiatan penambangan galian C tersebut memakai alat erat dan tanah urug tersebut bukan dikirim ke pihak tol melainkan untuk kepentingan pribadi.

Maka dari itu pegiat LSM Paskal siap melaporkan ke Polda Jatim dan kementerian ESDM di Jl. Medan Merdeka Selatan No.18, Jakarta Pusat 10110 apabila tambang galian C yang ada di Kabupaten Probolinggo belum masuk di dalam daftar perijinan Pemprov.

Tambang seperti ini di Probolinggo tergolong berani, padahal pemerintah telah mengeluarkan UU No.11 Tahun 1967 tentang ketentuan pokok pertambangan yang telah diubah dengan UU No. 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batu bara. Selain itu pemerintah juga mengeluarkan PP No. 23 Tahun 2010 tentang pedoman teknis penambangan bahan galian golongan c mineral dan batu bara.

Sulaiman Ketua LSM Paskal menjelaskan bahwa Sabtu (28/9) hari terakhir tambang tersebut. Menurut salah satu pekerja menjelaskan bahwa hari ini adalah hari terakhir menambang. “Kami sebagai LSM hanya melaksanakan tugas pokok kami sebagai kontrol,” jelasnya.

Di ujung telpon seluler Kasat Pol PP Drs.Dwijoko Nurcahyadi,MM mengatakan pihaknya akan agendakan Rabu untuk mengecek ijin dan kebenaran atas dugaan tersebut. “Karena hari Senin dan Selasa ada pelatihan,” katanya.

Kepala Desa Maron Kidul Ridwan mengatakan hal itu proses reklamasi. “Dan mungkin sudah selesai, karena sudah dua bulan tidak ada kontribusi ke pihak pemerintah desa. Saya kurang pahan jika hari ini masih ada penambangan,” jelasnya singkat.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan