Rizal Wapres BEM Unej : Kecam Pembongkaran Saluran Irigasi yang Dilakukan PT.IMASCO ASIATIC Harus Dihentikan

Read Time:1 Minute, 12 Second

Permasalahan pembongkaran saluran irigasi yang terjadi di puger adalah permasalahan penutupan saluran irigasi pertama dan dibelokkan sesuai luasan lahan PT. IMASCO ASIATIC sehingga masalah ini cukup serius dan harus segera di atasi oleh pihak terkait.

Irigasi merupakan saluran yang harus tetap berjalan sesuai dengan kebutuhan lahan yang dimiliki petani, akibat dari industrialisasi yang dilakukan oleh PT.IMASCO ASIATIC saluran irigasi yang digunakan langsung oleh petani semakin berkurang hingga mengalami kekeringan ketika dilakukan pembongkaran tersebut. Belum lagi debit air di hulu dan hilir setelah pembongkaran jauh berbeda, di hulu air banyak sekali hingga luber namun di hilir mati tanpa pengairan sama sekali dan semakin membuat petani merasakan kekeringan di lahannya.

“permasalahan pembongkaran saluran irigasi yang dilakukan oleh PT.IMASCO ASIATIC harus dihentikan, karena banyak kejanggalan, termasuk tidak dilibatkannya petani dalam pembongkaran tersebut padahal secara aturan hukum PP No. 20 Tahun 2006 serta petani harus mendapatkan kompensasi akibat pembongkaran tersebut sesuai dengan UU No.7 tahun 2004 tentang sumber daya air. Peristiwa ini harus menjadi pembelajaran agar tidak berperilaku koruptif semenjak dini” menurut wapres BEM UNEJ

Sampai terjadi konflik dengan masyarakat dengan upaya pembelokan saluran irigasi yang dilakukan oleh PT. IMASCO ASIATIC. Penolakan tersebut atas dasar sekitar 300 Ha lahan pertanian di daerah Puger Wetan dan Puger kulon yang terancam kekeringan dan gagal panen. Puncaknya hari selasa (11/02/2020), Pihak PT melalukan pembokaran tanpa ada koordinasi dengan petani dengan berdalih uji coba dan masyarakat keesokan harinya melaksanakan aksi penolakan di tempat tersebut.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan