Aku Suka Singkong, Kau Suka Tape Bondowoso

Read Time:1 Minute, 3 Second

Bahan baku tape di Bondowoso adalah singkong mentega atau singkong kuning adalah jenis singkong unggulan. Singkong ini jadi bahan baku utama pembuatan tape manis Bondowoso yang sudah terkenal, rasanya manis lembut pulen dan tidak berserat.

Singkong Mentega diambil dari batang bibit stek dipilih dari batang yang tua saja, bibit yang diperoleh biasanya masih dalam keadaan mulus tapi kadang sudah berakar dan bertunas tergantung ketersediaan stoknya. Para petani penyedia bibit singkong ini biasanya juga menanam sendiri.

Dinas Pertanian Bondowoso sudah dua tahun mendampingi petani singkong, yakni di daerah Kecamatan Curahdami, Binakal, Pakem dan Wringin. Menurut para petani sebelum ada pendampingan, petani hanya mempu menghasilkan 12 ton per hektare. Kini setelah didampingi petani mampu mengasilkan 23 hingga 25 ton per hektare.

Petani singkong di Bondowoso memiliki karakteristik yang sederhana, dengan pola pengerjaan pertanian secara apa adanya, karena sulit mencari alternatif tanaman lain selain singkong. Pola pengerjaannya dengan bibit lokal yang ada, pupuk kandang dan tanpa teknologi modern, bahkan terkadang jika kebutuhan mendesak mereka menjual tanaman sebelum panen atau digadaikan lahannya demi pemenuhan kebutuhan. Pola kehidupannya kekeluargaan dan kegotongroyongan kuat dengan adat Madura yang kental.

Mengenai penjualan hasil panennya masih belum modern atau on line , kebanyakan masih manual konvesional. Harga sekarang ini kisaran Rp. 3.000-3.500/kg untuk panen singkong dari Tamanan.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan