Pemuda Bertani Menanam Tembakau Kasturi, Beli Motor atau Ternak Sapi

Read Time:1 Minute, 9 Second

Kiprah ALFA (Arek Lembengan Full Action) dalam melakukan aksi sosial kemasyarakatan sangat lekat dengan sosok Nanang Wahyudi. Beragam kegiatan seperti khitanan massal, pengajian akbar, donor darah sampai gotong royong membangun masjid sudah dilakukan. Organisasi kepemudaan semacam ini memang tempat yang tepat untuk kaderisasi, menggembleng semangat pemuda desa.

“Kakak saya yang jadi Ketua ALFA, kalau saya hanya anggota aktif, kalau kumpul semua kami bisa sampai 600 orang lebih,” ungkap Nanang saat ditemui besuki.id dirumahnya.

Gemar beraktivitas bersama pemuda jadi inspirasi Nanang Wahyudi untuk terjun di dunia pertanian. Pemuda bertani bersama menanam tembakau kasturi sampai hampir 3 hektar luasnya. Bapak dua anak ini tertarik karena bertani tembakau berbasis padat karya, membutuhkan banyak pekerja.

“Sekarang yang saya tanam namanya kastoreh benyak (bahasa madura-red), daunnya panjang dan lebar bisa sampai satu meter,” katanya. Kastoreh Benyak dalam bahasa Indonesia artinya kasturi angsa.

Nanang pandai berhitung, selain bertani sendiri tak jarang dia ikut berdagang. Untuk setiap 10.000 tegakan tembakau bapak dari Zerlinda Naqli Adwaya Wahyudi dan Khiar Khatam Rhamadan ini mengaku membutuhkan modal Rp. 10 juta. Penghasilannya berlipat-lipat, kalau sedang hoki dapat banyak daun supernya bisa lima kali lipat keuntungan.

Terang saja banyak pemuda tertarik bekerja bersama Nanang. Pria asli Desa Lembengan Ledokombo yang kini bermukim di Desa Glagahwero Kalisat bersama keluarga ini bisa bikin petani muda sejahtera. Rajin menabung pada juragan pas panen pekerja bisa beli sepeda motor atau ternak sapi.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan