Sektor Pertanian, Perkebunan dan Perikanan Harus Menjadi Prioritas Pembangunan Jember 15 Tahun ke Depan

Read Time:1 Minute, 21 Second

Tepat 15 Oktober 2019 lalu, aksi menuntut pelaksanaan reforma agraria dan penataan ruang di Jember telah memakan korban.

Namun, hingga hari ini, kejelasan akan terbentuknya GTRA dan Raperda RDTRK belum terkonfirmasi, baik dari pihak legislatif dan eksekutif.

Berdasarkan agenda DPRD, pada tanggal 18 Desember 2019, akan dilaksanakan Rapat Dengar Pendapat terkait program pembentukan prolegda 2020. Dengan adanya rencana tersebut PC PMII Jember angkat bicara.

“Tepat besok, nasib pembangunan kabupaten Jember dipertaruhkan. Sebagaimana yang kita ketahui, tahun 2020 merupakan 5 tahun berjalannya perda RTRW, sehingga pada tahun ini harus dilaksanakan evaluasi terkait pelaksanaan Perda RTRW.

Kami memandang bahwa pada terdapat banyak kecacatan dalam Perda RTRW, baik dari sisi peruntukan yang tidak sesuai dengan fungsi ruangnya, hingga beberapa peruntukan yang mengancam keberlangsungan perekonomian masyarakat dan lingkungan sekitar.” ungkap mandataris Konfercab PMII Jember, Baijury.

selain itu, Baijury berpendapat orientasi pembangunan di Jember harus berorientasi pada peningkatan produksi di sektor pertanian pangan dan perikanan.

“orientasi pembangunan dengan peningkatan produksi di sektor pertanian pangan dan perikanan di kabupaten Jember harus di dorong semaksimal mungkin.

kami meminta kepada para stakeholder di kabupaten Jember baik eksekutif dan legislatif agar mendorong terjadinya revisi RTRW, karena kami memandang bahwa RTRW kabupaten Jember saat ini tidak berorientasi pada peningkatan produksi pertanian pangan dan perikanan, bahkan dengan adanya ketentuan tentang kawasan pertambangan, menunjukan bahwa perhatian legislatif dan eksekutif terhadap peningkatan sektor produksi di sektor pertanian pangan dan perikanan masih minim.

Oleh karena itu, kami mendorong kepada pihak eksekutif dan legislatif untuk melakukan revisi terhadap Perda RTRW, melakukan pembentukan Perda tentang lahan pertanian pangan berkelanjutan dan pembentukan Perda RDTRK. Hal ini harus tercantum dalam Prolegda 2020.” pungkas baijury ketum PC PMII Jember

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan