Usir Hama Tikus Pakai Sabun Cair, Bertani Jagung Lebih Menguntungkan Daripada Tembakau

Read Time:1 Minute, 16 Second

Petani jagung di Desa Rowosari Kecamatan Sumberjambe Jember menggunakan Sabun Cair Pencuci Pakaian Molto untuk mengusir hama tikus yang kerap merusak hasil pertanian mereka. Biji bibit jagung direndam sabun cair tersebut kemudian dikeringkan, baru ditanam, tikus tidak mau mendekat.

Ketua Kelompok Tani Jagung Sumberjambe, Ahmadi, mengungkapkan bahwa trik ini dilakukan petani Rowosari dan membuahkan banyak manfaat. “Pohon jagung bisa mencapai ketinggian 2,5 meter, juga ada jagung bisa bertongkol tiga. Mungkin cuaca dan lingkungan Desa Rowosari memang mendukung terhadap pertanian Jagung,” ungkapnya saat ditemui besuki.id di rumah Randuagung.

Ahmadi memang menggalakkan petani agar menanam Jagung. Harga bagus dan kontrak dengan perusahaan mitra dirasa sangat menguntungkan. Jaminan tanam, perawatan dan pasca panen rupanya jadi alasan kuat dan sangat menggiurkan. “Saya turut sedih dan bersimpati terhadap petani tembakau yang kini dirundung sedih harga tembakau anjlok, makanya saya giat mengkampanyekan bertani Jagung kepada warga desa,” katanya.

Menanam Jagung dirasa menguntungkan buat petani. Ada panduan dan pendampingan dari petugas perusahaan, mulai dari tanam, merawat sampai panen. Kemudian hasil Jagung juga diterima semua, tidak ada persentase jelek atau bagusnya panen. “Kapan hasil dua ton ya dua ton, kalau di jagung lokal masih ada potongan persentase sampai lima persen,” ujar Ahmadi lagi. Belum lagi pinjaman modal dari perusahaan mitra yang, katanya, tanpa bunga.

Bermitra dengan perusahaan jelas merupakan salah satu batu loncatan menuju kemandirian petani. Sudah saatnya kini petani-petani Jagung bersatu dan berembug mendirikan Koperasi Petani Jagung. Indonesia adalah negara agraris dengan mayoritas penduduknya di sektor pertanian berbasis pangan. Kemandirian petani adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan