Akankah Perempuan Memilih Perempuan di Arena Pilkades Ambulu?

Read Time:1 Minute, 12 Second

Jumlah hak pilih Desa Ambulu diperkirakan berjumlah 12.610 sedangkan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang disiapkan berjumlah 25 titik lokasi. Sementara, anggaran dari APBD hanya cukup untuk 22 TPS dengan jumlah pemilihnya 10.299, kata panitia Riyadi 3 TPS akan dibiayai oleh desa.

“Pilkades Ambulu 2021 kali ini masuk hingga batas waktu pendaftaran ditutup ada enam orang bakal cakades yang sudah terdaftar secara resmi,” kata Riyadi, Ketua panitia menjelaskan pada awak media. Ketika ditanya nama-nama bakal cakades, Riyadi menjelaskan satu persatu antara lain, Umi Khotijah tokoh masyarakat, Suhari Atmono seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Eka Wahyudi seorang Perangkat Desa, Mulyono Kades petahana, Ahmad Tri Wahyudi ketua Rukun Warga (RW) dan Ahmad Hafid seorang pensiunan PNS.

Sebelum ditetapkan menjadi calon, jelas Riyadi, bakal calon akan diverifikasi dulu oleh pihak kecamatan dan akan menjalani tes oleh pihak kabupaten. Melihat komposisi bakal cakades yang mendaftar nampak sekali bakal ada persaingan yang sangat ketat. Tetapi jika dilihat dari komposisi gender, seorang perempuan dan lima laki-laki jelas akan menguntungkan cakades Umi Khotijah. Sangat mungkin para pemilih perempuan akan memilih perempuan, maka akan sangat membikin galau para cakades laki-laki termasuk kades petahana. Jaker desa melihat peluang Umi khotijah sangat berpotensi menang di pilkades 2021, selain probalititas perempuan milih perempuan, suaminya yang menjadi anggota dewan tentu saja pasti akan mendukung penuh.

*Opini ini dibuat oleh Jaker Desa (Jaringan Kerja Masyarakat Pedesaan) yang dibina Ali Safit Tarmizi,SH,MH, advokat Peradi Jember dari AST LAW FIRM

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan