Anik Yanuarita, Figur Perempuan Petarung Desa Ketah

Read Time:1 Minute, 0 Second

Desa Ketah Kecamatan Suboh mengadakan Pilkades pada tanggal 23 Oktober 2019. Ada 3 calon yang maju, Anik Yanuarita, Didik Sudarmanto dan Erwin Saleh. Satu perempuan melawan 2 Cakades pria.

Anik Yanuarita mengaku ingin membangun desa. “Pembangunan selama ini dikerjakan orang luar, warga Desa Ketah banyak jadi pengangguran,” katanya. Bila perempuan ini jadi Kades dia siap mengkaryakan setiap warga.

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Ketah selama ini kurang produktif. Pengelolaannya dilakukan tradisional dan tidak ada manajemen, sesederhana sekalipun. “Saya door to door mendekatkan diri dengan masyarakat, kalau ada yang sakit saya nyetir sendiri sampai Surabaya antar mereka,” imbuhnya.

Anik, lulusan SMA Situbondo, mengaku banyak jaringan di Surabaya dan Jakarta. Beragam program dikerjakan dari dana APBN dan APBD Propinsi. “Jadi Kepala Desa harus jemput bola, tidak bisa menunggu,” tukasnya.

Perempuan Desa Ketah sebenarnya kreatif dan cerdas. Banyak kerajinan dan produk lokal hasil karya mereka. “Saya siap memberdayakan ekonomi perempuan. Mereka harus didata dan diberi sentuhan manajemen. Harus diberi nilai lebih dari setiap produk desa,” tandas Anik.

Bidang keagamaan contoh pengajian harus lebih aktif dan lebih maju dari yang sudah ada sekarang. Dan untuk selamatan Desa Ketah Anik tidak akan minta sumbangan sepeserpun kepada masyarakat. “Itu jadi tanggung jawab saya bila jadi Kades,” tambahnya.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan