Konfercab NU Jember : Dinamika Pilkada 2020

Read Time:1 Minute, 40 Second

Pembukaan Konferensi Cabang Nahdlatul Ulama Jember yang akan diselenggarakan di Universitas Islam Jember, yang dilaksanakan pada hari ini Minggu, 28 Juli 2019.

Dalam konferensi cabang tersebut dihadiri oleh pengurus PWNU Jatim, 26 MWCNU se Jember, utusan pengurus ranting sebanyak 318 se kabupaten Jember

Dalam Konfercab tersebut dilakukannya pemaparan Laporan Pertanggung Jawaban PCNU Jember 2014-2019 serta pandangan umum mengenai laporan pengurus PCNU Jember. Kemudian tahap berikutnya adalah Pemilihan Rais dan Ketua PCNU Jember masa Khidmat 2019-2024, akan diawali dengan penetapan anggota AHWA dan dilanjutkan pemilihan Rais Syuriyah.

Menurut pedoman pemilihan rais syuriyah sekarang ini menggunakan mekanisme Ahwa, maka calon Rais Syuriyah harus mendapat dukungan 9 suara Ahwa. Setelah itu pencalonan Ketua PCNU mendapat dukungan minimal 99 suara.

Sementara hasil dari konfercab PCNU Jember 2019 memutuskan bahwa ketua tanfidziyah kembali terpilih KH. Syamsul Arifin secara aklamasi karena memenuhi syarat sesuai AD/ART , dam Rais suriah : KH. muhyidin abdusshomad, Ketua ahwa :K. imam haromain ,Wakil : KH. Muhyidin, Anggota : KH. badrus sadiq, KH.DAWAM wahid, K. IMAM Ghazali

Menurut Anwar, selaku Aktifis bahwa ada pola dan gerakan yang harus di rubah kedepannya khususnya kepada pengurus baru PCNU Jember masa khidmat 2019-2024, karena melihat potensi kantong-kantong warga NU yang berprofesi sebagai petani di pedesaan, kemarin belum dikelola secara optimal. Padahal jika dikelola dengan manajemen yang baik maka sangat dimungkinkan PC NU Jember menjadi semakin kuat karena tersedianya kader-kader ranting yang potensial dan mampu mengelola potensi ekonomi politik sosial budaya di desanya. Sehingga kesejateraan warga NU di pedesaan bisa segera diwujudkan.

NU merupakan salah satu organisasi dengan basis massa yang besar di Jember. Dengan potensi tersebut, banyak yang berkepentingan mendekati organisasi ini, dengan berbagai tujuan di antaranya politik, terlebih lagi mendekati pemilihan Bupati 2020. Bahkan, kader NU juga dilirik berbagai partai politik untuk dicalonkan menjadi calon Bupati Jember, sehingga peluang untuk menitipkan rekomendasi konferensi PCNU terbuka lebar. Baik itu rekomendasi sosial politik maupun ekonomi dan budaya.

“Rekomendasi hasil konfercab NU Jember ini akan menjadi indikator dinamika peta politik Jember,”ucap Anwar aktifis diskusi Sabtuan.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan