Tingginya Penarikan Biaya, Penyelenggara Tak Ada Solusi

Read Time:1 Minute, 20 Second

Penarikan sebagian dana penyelenggaraan Pilkades, yang dibebankan kepada calon kepala desa disinyalir memberatkan.

Sebelumnya dalam Pilkades serentak Kabupaten Jember yang dilakukan pada 161 desa, sumber dana penyelenggaraan Pilkades berasal dari APBD, APBDes dan sumbangan pihak ketiga.

Sumbangan pihak ketiga sendiri bisa diartikan berasal dari perusahaan swasta, tokoh masyarakat atau para calon.

Namun dalam prakteknya sumbangan pihak ketiga ini mayoritas dibebankan kepada calon kepala desa.

Uraian persoalan tersebut dapat dicontohkan, dimana dalam hasil Musdes anggaran pemilihan di Desa Tutul Kecamatan Balung operasional pemilihan kepala desa berada pada kisaran Rp. 269 juta. Dari total tersebut masing-masing kucuran dari APBD kabupaten Jember hanyalah Rp.21 juta, APBDes Tutul 50 juta rupiah.

Jumlah total dari kedua anggaran tersebut masih memunculkan kekurangan pada angka Rp. 197 juta dan total anggaran ini menurut penyampaian oleh salah satu panitia bersepakat akan dibebankan kepada kontestan.

Jika hanya terdapat dua kontestan masing-masing calon akan menanggung iuran sebesar Rp. 98 juta lebih begitupun seterusnya dibagi dengan jumlah kontestan.

Menyikapi persoalan tersebut Kepala Dispemasdes Jember Eko Heru Sunarso menjawab tim kabupaten tidak bisa berbuat banyak terkait besaran sumbangan yang dibebankan kepada calon kepala desa. Jika sudah disepakati dalam musyawarah desa.

Heru mengaku mendapat banyak informasi terkait persoalan ini, bukan hanya di Balung tetapi juga di Silo dan Sumberbaru, meski demikian heru mengaku tidak bisa berbuat banyak, karena nilai sumbangan sudah diputuskan dalam musyawarah desa, yang merupakan forum tertinggi.

Dirinya hanya bisa menyarankan kepada Camat untuk memfasilitasi proses mediasi antara bakal calon kades, BPD dan panitia pilkades setempat, sebab tidak mungkin Pemkab bisa memberi tambahan bantuan anggaran, karena tentu saja masih harus dilakukan pembahasan dalam perubahan APBD.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan