BPNT di Desa Gununggeni Disoal Komunitas Pemantau Korupsi

Read Time:1 Minute, 25 Second

Bantuan dari pemerintah BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) berupa uang kepada keluarga penerima manfaat mendapatkan Rp. 110 ribu tiap bulan. Dana tersebut, tidak dapat diambil tunai, tetapi ditukarkan dengan beras dan telur pada warung yang sudah ditentukan.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik yang digunakan hanya untuk membeli bahan pangan di pedagang bahan pangan atau e-warung yang bekerjasama dengan bank.

Penerima BPNT akan menerima uang sebesar Rp. 110 ribu per bulan setiap tanggal 25 dari pihak perbankan dan masuk dalam ATM penerima. ATM inilah yang selanjutnya digunakan untuk belanja di e-warung yang sudah didirikan.

Namun di Desa Gununggeni Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo kali ini bersistem beda. Adapun penggesekan kartu atm BPNT ini dikumpulkan ke perangkat desa bernama Mulyadi (Kesra-red), lalu dia yang membagikan ke warga desa. Saat ditemui awak media Mulyadi menjelaskan, “Iya saya yang menggesek dan mengambil beras di daerah Pendil untuk warga Desa Gununggeni, serta telur, sebanyak 768 KPM. Setelah itu warga siap mengambil beras tersebut, apalagi sekarang beras ini dari Bulog, jika tidak sesuai ya saya kembalikan ke Bulog,” jelas Mul panggilan akrab Mulyadi, Kesra Desa Gununggeni yang mempunyai usaha toko bangunan.

Sisi lain di rumah Sukardi, Sekretaris Komunitas Pemantau Korupsi Nusantara menjelaskan bahwa ada kejanggalan dalam pembagian BPNT. “Saya memerima laporan banyak warga yang tidak menerima BPNT ini, padahal di daftar penerima mereka ada dan pada kenyataannya mereka tidak mendapatkan apa-apa,” jelasnya.

Tak pelak warga berinisial SM mengatakan, “Saya pernah menerima bantuan beras dari pemerintah dan bahkan banyak dari kami yang di stop sejak dua tahun lalu, entah apa salah kami,” kata Ibu beranak tiga ini.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan