DPP GIAN Teken MoU Kemitraan Niaga Pomdes di Tiga Provinsi

Read Time:2 Minute, 18 Second

YOGJAKARTA – Dewan Pengurus Pusat Gerakan Indonesia Anti Narkotika (DPP GIAN), kembali menandatangani MoU kemitraan niaga Pos BBM Desa (Pomdes) dengan PT.ZIP, kemarin.

Kali ini sekaligus teken MoU untuk kemitraan di tiga Provinsi. Yakni Provinsi Kalimantan Tengah, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogjakarta

Bertempat di Basecamp Kunto milik Kakak kandung Gubernur Jawa Tengah, di Jl. Ki Ageng Pemanahan no. 26, Keragilan, Yogyakarta, ini terlebih dahulu digelar diskusi kecil terkait pemberdayaan masyarakat dalam bidang pertanian, tanaman pangan dan holtikultura.

Dialog dipandu oleh Kunto dan diikuti Ketua Umum Tirtanindo, Syahfardiyanto atau Mas Fardi, dan sejumlah pejuang pemberdayaan masyarakat tani Jawa Tengah, membahas fokus menjalankan program pola tanam organik berjenjang.

Ketua DPP GIAN, R Guntur Eko Widodo, mengatakan Mas Fardi, ditunjuk DPP GIAN sebagai koordinator kemitraan niaga Pomdes untuk Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua MC3 dan GIAN, Guntur, berterima kasih karena telah menggandeng DPP GIAN untuk menjalankan program pemberdayaan melalui lahan yang didapat Tirtanindo untuk mengatasi kesulitan petani.

“Tirtanindo ini menyikapi sempitnya lahan bikin kerjasama dengan Poktan Bukit Batu untuk mengolah lahan seluas 14,575 hektare di Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Tirtanindo mengajak DPP GIAN,sebagai lembaga infrastrukturnya dalam pengembangan usaha bersama memakai teknologi modern untuk mengembalikan daya dukung lahan organik yang didukung PT. Jasindo asuransi gagal panen untuk tanaman jagung dan padi.

“Kolaborasi untuk bidang ini dengan Tirtanindo akan ditindaklanjuti dengan MoU dalam waktu dekat,” ujarnya.

Usai MoU langsung dilanjutkan menuju Semarang, untuk survei 13 titik lahan Bumdes yang telah disiapkan.

Untuk Pomdes Jateng rencananya dijadikan role model Pomdes di Indonesia dengan pembangunan dipercepat.

“Namun, kita terlebih dahulu kulonuwun ke Gubernur Jateng
terkait penyuksesan program nasional pemerataan harga BBM ke seluruh pelosok desa sesuai Peraturan BPH Migas No. 6 tahun 2015,” ujarnya.

Selanjutnya,koordinator akan sosialisasi di forum pemerintah daerah hingga tingkat Desa.

Upaya ini kata Guntur sebagai upaya GIAN untuk mendorong masyarakat hidup sehat sejahtera, cerdas dan bersih dari narkoba.

Hadir di acara ini, Kepala Deputi Ops dan Produksi DPP Mangrove Lestari Nusantara (MLN), Mangrove Crab Cultivaton Community (MC3), dan LP3RI (Lembaga Penelitian dan Pengembangan Pertambangan Rakyat Indonesia),
Prasetya Asmara Seno, S.E.

Sementara itu, Mas Fardi, mengatakan Tirtanindo telah mendapatkan hibah lahan dari Universitas Gadjah Mada seluas 10.901 meter persegi, untuk diberdayakan.

“Saat ini saja, masih mengelola lahan seluas 958 hektare di Desa Sidodadi Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, membina Gapoktan Dadi Makmur sebagai pemegang IHPS dari Kementerian LH-K dan pembiayaan dari KUR Tani BRI,” ujarnya.

Dalam perhutanan sosial ini, ada 394 KUPS (Kelompok Usaha Perhutanan Sosial), dibina.

Mas Fardi, kali ini mengapresiasi semangat MLN-MC3 dan GIAN pimpinan R. Guntur Eko Widodo, untuk mengelola seluas 10.901 hektare dari UGM.

MoU kali ini, dari PT. ZIP dalam Kemitraan Niaga Pomdes untuk 3 Provinsi Diwakili Wakil Direksi Ir. Agus Purwadi, Koordinator Jawa Tengah, DIY dan Kalteng.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan