Idul Qurban di Antirogo, Semaraknya Mirip Madura

Read Time:1 Minute, 16 Second

Iduladha–terkadang ditulis Idul Adha–disebut pula Idul Qurban atau Lebaran Haji, merupakan salah satu hari besar yang dirayakan umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada tahun ini, Iduladha jatuh pada Minggu (11/8/2019).

Perayaan Iduladha berawal dari sejarah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail, peringatan hari raya ini memiliki tradisi unik di sejumlah negara luar negeri.

Hari Raya Iduladha diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah dalam penanggalan Islam, atau tepat 70 hari setelah perayaan Hari Raya Idulfitri yang jatuh pada 1 Syawal. Yang khas dari Iduladha adalah penyembelihan hewan kurban untuk memperingati perintah Tuhan kepada Nabi Ibrahim yang menyembelih domba sebagai pengganti putranya, Ismail.

Di Indonesia, binatang kurban biasanya berupa sapi, kambing, atau kerbau. Di negara-negara lain, misalnya di kawasan Timur-Tengah, jenis hewan ternak berkaki empat lainnya seperti unta, domba, atau biri-biri juga biasa dijadikan kurban saat perayaan Iduladha.

Idul Qurban kemarin Masjid Baitul Mubarak yang beralamat di Jalan Sarangan RT. 03 RW. 01 Lingkungan Trogo Wetan Kelurahan Antirogo Kecamatan Sumbersari Jember juga melaksanakan ritual Islam tersebut.

Dipimpin Ketua Takmir Imam Turyono bersama Remaja Masjid dibawah komando Pemuda Fuad, mereka sembelih 1 ekor sapi dan 9 ekor domba.

“Jadi 200 bungkus ditebar kepada duafa sekitar sini,” kata Imam kepada besuki.id kemarin.

Idul Adha buat masyarakat Antirogo yang pada umumnya berprofesi sebagai petani, merupakan momen tahunan yang ditunggu. Beragam persiapan menyambut perayaan ini bisa menggerakkan ekonomi pasar desa. Seperti di Pulau Madura, Idul Adha disini lebih meriah daripada Idul Fitri, karena mayoritas warga adalah keturunan asli Pulau Garam.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan