Ririn, Potret Kreativitas Perempuan Desa Ambulu

Read Time:2 Minute, 2 Second

Menurut cerita asal asul dari Desa Ambulu, kemungkinan jaman dulu saat pendatang dari luar daerah yang di datangkan singgah dan beristirahat. Sebelum menuju tujuan untuk menjadi buruh di perkebunan di sekitar Jember selatan pada jaman Belanda, migrasi itu berasal dari keluarga dari Madura.

Ambulu menurut bacaan masyarakat madura adalah ambu geluh artinya istirahat dulu, sehingga saat istirahat ditempat ini mereka menyebut Ambuluh dari kata ambu geluh kemudian luluh menjadi sebutan nama Ambulu dan sampai sekarang menjadi Desa Ambulu. Kini jumlah penduduk desa Ambulu berkisar 15.754 jiwa, yang terdiri dari lali-laki 7.551 dan perempuan 8.203, jadi komposisi penduduk Ambulu ini lebih banyak perempuannya.

Perbandingan jumlah inilah yang menyebabkan aktivitas sosial ekonomi di Ambulu lebih banyak didominasi oleh kaum perempuan. Apalagi kegiatan perekonomian dipasar Ambulu dan geliat ekonomi rumahan seperti kegiatan UMKM. Bisa dikatakan tidak kolot, karena perspektif perempuan di Ambulu ini pandangan mengenai masa depan lebih berwawasan luas. Suatu misalnya tentang pendidikan mereka akan berusaha agar pendidikan anak-anaknya bisa setinggi mungkin.

Adalah sosok perempuan yaitu, Ririn Kusuma Ari Widyanti biasa dipanggil Ririn yang lahir dan besar di desa Ambulu dan mengenyam pendidikan tinggi ini juga karena dorongan orang tuanya. “Jangan sampai putus sekolah. Agar anak-anakmu nantinya bisa menjadi orang yang berguna,” kata Ririn menjelaskan nasehat ibunya.

“Sehingga dalam kiprah ibu selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Kini saya juga akan belajar terus semampunya dan bekerja keras untuk pendidikan anak saya” tegas Ririn.

Ririn kini menjadi anggota BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Ambulu periode 2019-2024. Anggota BPD berjumlah 9 dan tiga diantaranya perempuan. Dia adalah salah satu dari tiga anggota BPD yang perempuan itu. Mottonya mari membentuk pemerintahan desa yang baik dengan memilih Kades yang baik.

Bahkan untuk menambah wawasannya dia pun mengikuti rakor tentang kebijakan pilkades serentak di Jatim. Menurutnya disitu terdapat materi dan informasi bahwa BPD mempunyai peran penting, bahwa BPD nantinya akan melaksanakan musyawarah desa dalam menghadapi pesta demokrasi desa atau Pilkades kedepan. Terutama pembentukan panitia pemilihan yang bersih yang bebas dari intervensi pihak manapun dan pembuatan tata tertib pemilihannya.

Perempuan ini pun aktif di kegiatan-kegiatan sosial lainnya seperti, kegiatan Masyarakat Jawa Timur menolak kerusuhan bersama Kapolda Jatim, Gubernur, Pemkab, Pangdam Brawijaya dan komunitas-komunitas cinta damai se-Jawa Timur. Aktivitas yang lain adalah aktif dalam kegiatan Migrant Care dan Desa Peduli Buruh Migran (DESBUMI) ini merupakan sebuah inisiatif lokal untuk perlindungan pekerja migran dan anggota keluarganya.

Semoga sosok perempuan ini menginspirasi perempuan-perempuan yang ada di Kabupaten Jember.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Satu tanggapan untuk “Ririn, Potret Kreativitas Perempuan Desa Ambulu

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: