Tingginya Produksi Kopi di Jember Tak Berimbas Pada Peningkatan Pendapatan Petani

Read Time:1 Minute, 23 Second

Ada sekitar tujuh kecamatan di Kabupaten Jember yang mempunyai produksi kopi cukup tinggi diantaranya Kecamatan Ledokombo, Kecamatan Sumberjambe, Kecamatan Jelbuk, Kecamatan Silo, Kecamatan Panti, Kecamatan Tanggul dan Kecamatan Sumberbaru. Daerah tersebut dapat disebut sebagai daerah sentra produksi kopi di Kabupaten Jember.

Nilai rata-rata produksi komoditas kopi yang terdapat pada daerah tersebut selama kurun waktu lima tahun secara berturut-turut adalah 200,7 ton, 221,2 ton, 127,8 ton, 901,6 ton, 182,6 ton, 97,4 ton, dan 140,7 ton, total areal lahan dalam data BPS Jatim ditahun 2017 seluas 18 284 ha dan diprediksi tahun 2019 mencapai sekitar 20.000 ha. Tingginya produksi kopi di daerah tersebut belum tentu menunjukkan bahwa daerah tersebut merupakan daerah basis untuk komoditi kopi. Meski demikian pendapatan petani di kemacatan – kecamatan tersebut belum ada penigkatan pendatan yang signifikan.

Senada dengan yang disampaikan Faqih petani kopi dari jelbuk, “ tingginya hasil kopi yang kami dapatkan tak berbanding lurus dengan kesejahteraan yang kami terima, kami masih saja dibingungkan dengan permainan harga pasar, jika panen hasil yang kami dapatkan terpaksa digunakan untuk menutupi hutang dalam jangka waktu perwatan dan menunggu hasil ppanen tiba, Justru kecamatan yang mendapatkan limpahan rejeki adalah kecamatan kota, sukorambi, Ambulu dan wuluhan sebagai wilayah pengolahan pasca produksi kopi tersebut. misalnya pegelolaan pasca produksi kopi di cafe-cafe dan warung-warung oleh masyarakat. Hal itu ditopang oleh tingginya budaya cangkruk ngopi dalam masyarakat, terang Faqih.

Sementara itu, Pak Waro petani Kopi asal kecamatan Panti mengeluhkan bahwa keterbatasan pengetahuan dan pendampingan, bagaimana kami mengembangkan potensi kopi ketika panen melimpah, ketika meiliki ketrampilan mengolah kopi memiliki dapak positif bagi kami yang saat ini terpaku mejual kopi dalam bentuk gelondongan saja, ujarnya.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan