Penjaga Lilin Sang Babi Ngepet

Read Time:1 Minute, 33 Second

Adalah Babi Ngepet, sebagai sosok makhluk mitologi yang sering dikait-kaitkan dengan ilmu pesugihan, orang menjadi kaya mendadak walaupun tanpa bekerja. Mitosnya bahwa orang tersebut menjadi kaya karena yang bekerja mencari uang adalah babi ngepet peliharaannya tersebut. Semacam babi jadi-jadian (mahluk gaib) yang kerjanya mencuri uang orang-orang tanpa bisa terlihat dengan kasat mata.

Mungkin hanya orang yang punya kelebihan supranatural yang mampu melihatnya atau bahkan menangkapnya.
Sosok Babi Ngepet sendiri sebenarnya adalah manusia biasa. Namun untuk mencapai keinginannya menjadi kaya, ia melakukan ritual ilmu hitam sehingga ia mampu mengubah bentuknya menjadi serupa babi. Dikatakan bahwa jika ada Babi Ngepet berkeliaran di salah satu rumah warga, bisa dipastikan uang di rumah tersebut akan raib. Yang jadi medianya adalah sebuah lilin yang musti dijaga nyala apinya. Jika apinya padam, artinya sosok Babi Ngepet tersebut ilmunya hilang dan ia akan kembali berubah menjadi wujud manusia. Mesti ada yang bertugas menjaga lilin tersebut agar tidak padam.

“Katanya kalau lilinnya mobat-mabit cahayanya atau semakin mengecil seperti tertiup angin itu gejala babi ngepet akan tertangkap atau berubah wujudnya,” ungkap Saiful warga Karangcecer.

“Tapi dulu, kalau sekarang sepertinya babi ngepet itu sudah tidak ada,” jelas Saiful.

“Ini khan Indonesia, banyak mitos-mitos yang berkembang di masyarakat kita. Memang nusantara ini kaya akan cerita dan budaya. Seharusnya kita wajib bangga karenanya!,” kata Kang Sumo warga Sumbersari Jember.

“Kedepan memang seharusnya perlu ditingkatkan dari mitologi kearah budaya literasi sebagai upaya pengembangan kapasitas pemahaman budaya dalam masyarakat kita,” jelas Kang Sumo.

Telah banyak isu-isu beredar bahwa babi ngepet telah tertangkap warga, meski kebenaran dan keberadaan makhluk mitologi tersebut belum bisa dipastikan, namun fakta bahwa banyak masyarakat kita yang mempercayainya tak bisa kita lihat sebelah mata. Mungkin saja karena kita berada di masyarakat yang lebih rasional di perkotaan jadi nggak terlalu percaya, tapi harus diakui bahwa cerita tentang makhluk mitologi ini telah berkembang luas di masyarakat.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan