Kampung Industri Kerupuk Merah Binaan Satgas IKM Pemkab Jember

Read Time:58 Second

Geliat membangun kreativitas dan sumber daya manusia pemuda desa rupanya muncul juga di Desa Ajung Kecamatan Ajung Jember. Lapangan kerja melalui ekonomi kreatif dirasa penting untuk tetap membumikan generasi muda dalam berkarya di desa masing-masing.

“Ajung adalah desa yang berpotensi besar. Dari adanya Stadion JSG, juga sebagai desa terdekat dari bandara Jember juga akan segera dibangun embarkasi haji. Potensi tersebut harus dioptimalkan untuk memajukan pemuda desa,” ungkap Abdul Wafi, aktivis pemuda Desa Ajung yang juga ditunjuk sebagai Satgas IKM Pemkab Jember.

Dari sisi IKM (Industri Kecil Menengah) Dusun Klanceng Desa Ajung memiliki 42 sentra usaha kerupuk merah. Kerupuk jenis ini memiliki pasar yang sangat menjanjikan. Sampai Sidoarjo dan Surabaya pemasarannya.

“Saya menyebut itu sebagai Kampung Industri Kerupuk Merah karena menyerap tenaga kerja lokal dusun. Jadi kelak pemudanya gak harus keluar kota untuk mencari pekerjaan tapi bisa mengembangkan usahanya lebih meningkat lagi,” imbuh Wafi.

Bujang kelahiran tahun 1995 ini berangan-angan bila kemudian embarkasi haji segera terwujud maka akan bermunculan industri kecil pendukung semacam oleh-oleh haji dan umroh. Abdul Wafi sebagai Satuan Tugas IKM dari Pemkab Jember siap mengawal dan membantu setiap pengusaha muda yang ingin berinovasi dan mengembangkan usaha kecil di Desa Ajung.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan