Pak Gaplok Anggota CU, Pande Besi Asal Jabon Pasrujambe

Read Time:1 Minute, 25 Second

Peralatan pertanian di pedesaan masih banyak yang menggunakan alat-alat yang tradisional, misalnya cangkul, clurit, golok maupun luku untuk membajak sawah. Meskipun alat di era modern ini sudah memasuki alam pedesaan terutama di Desa Pasrujambe Lumajang, masyarakat tani di desa masih membutuhkan alat-alat pertanian dan pendukung pekerjaan lainnya dengan alat tradisional. Di pasar-pasar alat-alat pertanian tradisional ini masih dipasarkan dan masih ada saja yang membelinya.

Adalah Pak Suyanto atau warga desa lebih akrab dengan panggilan Pak Gaplok, beliau adalah anggota KSP CU Gema Swadaya Jatim yang memiliki usaha pande besi. Pande besi adalah pengrajin alat-alat pertanian tradisional dan alat pendukung lainnya. Usaha ini sudah ditekuninya hampir selama sepuluh tahunan, alat produksi Pak Gaplok sudah banyak dikenal oleh masyarakat tani di desanya. Dalam menjalani pekerjaannya beliau sering dibantu oleh istrinya jika sudah tidak sibuk dengan kegiatan rumah tangganya.

“Bagi teman-teman khususnya area Lumajang, bisa pesan alat pertanian cangkul, sabit, palu atau lainnya pada Pak Gaplok. Kalau mau datang ke tempat kerjanya, lokasinya di Dusun Jabon Desa Pasrujambe, Selatan Polsek Pasrujambe Lumajang,” kata Jumi’ati koordinator CU Pasrujambe.

Sebagai anggota CU Gema Swadaya Jatim yang berkantor pusat di Senduro Lumajang, Pak Gaplok sudah mendapatkan fasilitas pelayanan keuangan untuk pengembangan usahanya. Pak Gaplok sendiri sudah 20 bulan menjadi anggota CU Gema Swadaya Jatim, bisa jadi selama bergabung menjadi anggota telah banyak manfaat yang didapatkannya. Jumi’ati menyatakan bahwa usaha pande besi di desanya sudah semakin punah, padahal kebutuhan alat-alat pertanian yang tradisional masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat tani, maka keahlian Pak Gaplok ini perlu untuk didukung keberadaannya.

Selain untuk menyediakan alat-alat pertanian, disisi lain juga sekaligus meningkatkan pendapatan keluarganya dan menyisihkan sedikit rejekinya untuk menabung di CU Gema Swadaya Jatim.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan