Talas, Usus dan Pare Jadi Keripik di Tangan Perempuan Cantik

Read Time:46 Second

Ide pembuatan cemilan keripik ini bermula dari pelatihan BMI purna yang tergabung dalam DESBUMI (desa peduli buruh migran) di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu. BMI purna ini adalah istilah buruh migran, yang setelah kembali ke daerah, bersama warga yang peduli membentuk DESBUMI untuk mencegah kasus perempuan-perempuan BMI dari mulai akan berangkat, di tempat kerja di LN dan pulang tanpa ada masalah.

Membuat pangan olahan berupa keripik, merupakan aktualisasi ide-ide pengembangan ekonomi untuk perempuan-perempuan BMI purna sehingga mendapatkan pendapatan dari keterampilannya tersebut. Untuk pemasarannya secara rutin ke warung-warung, selain itu juga menerima pesanan untuk acara hajatan.

Produksi ini mulai dirintis menjadi usaha berskala kelompok yang sudah menghasilkan kerajinan dan makanan cemilan. Tempat ini semacam sekretariat yang dinamai Rumah Produksi Kelompok Buruh Migran Harmonis Desbumi sejak tahun 2018 yang lalu. Sementara untuk produksi makanan cemilan, terdiri dari produk keripik talas, keripik usus dan keripik pare ini yang mendapatkan respon positif dari masyarakat.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan