Bulan April Cok Ace ke Lumajang, Tadi Siang Cak Thoriq ke Gianyar

Read Time:1 Minute, 39 Second

Setelah sempat bertemu di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang pada Rabu (10/4/2019) silam maka tadi siang dua tokoh penting Bali dan Lumajang ini kembali bersua. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace), Wakil Gubernur Bali bertemu Thoriqul Haq (Cak Thoriq), Bupati Lumajang siang tadi di Hotel The Royal Pita Maha, Ubud, Gianyar.

Kepada Bupati yang akrab disapa Cak Thoriq itu, Wagub Cok Ace menjelaskan bahwa secara emosional antara Lumajang dan Bali sudah sejak lama memiliki kedekatan. Oleh karena itu, setiap kali datang ke Lumajang, dirinya merasa datang ke rumah sendiri. “Hubungan Bali dengan Lumajang ini sebenarnya sudah lama terjalin, ya memiliki kedekatan secara emosional,” ujarnya. Ia berharap, kedekatan emosional tersebut akan tetap terjaga dengan keberadaan Pura Mandara Giri Semeru Agung.

Karena itu, Cok Ace berencana membuat tulisan tentang hubungan antara Lumajang dan Bali berdasarkan sejarah dan juga kondisi sosial masyarakatnya. Pada bagian lain, Cok Ace menyampaikan bahwa saat ini Pura Mandara Giri Semeru Agung memerlukan tambahan lahan untuk perluasan area parkir. Karena setiap ada upacara, masyarakat Bali nangkil ke pura dan memadati area sekitar pura.

Kedatangan Bupati Cak Thoriq ke Bali juga dalam rangka untuk meminta saran pengembangan pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Lumajang. Dijelaskan Bupati bahwa Kabupaten Lumajang dan Bali memiliki ikatan sejarah dan kebudayaan yang dekat.

Bupati menilai pengembangan pariwisata di Lumajang akan lebih berkembang apabila menyatukan kembali kebudayaan Bali dan Lumajang. “Untuk meminta saran, meminta beberapa pikiran supaya Bali dan Lumajang ini ada persambungan budaya yang lebih nyata lagi, karena sejarahnya sudah selesai, Bali – Lumajang mempunyai sejarah yang kuat untuk menjadi suatu kesatuan,” jelasnya.

Pertemuan tokoh penting Bali dan Lumajang tersebut juga membahas kerjasama untuk mengembangkan potensi budaya dan wisata di Lumajang. Bupati memaparkan bahwa Lumajang memiliki potensi pariwisata yang sangat luar biasa seperti halnya Ranu Pane dan Selokambang namun masih belum dikelola dengan maksimal.

Sebelum bertemu dengan Wakil Gubernur Bali, Bupati juga menyempatkan menyambangi Puri Saren Agung di Ubud Kabupaten Gianyar, Bali. Disana Bupati beserta rombongan ditemui langsung oleh Raja Ubud, Tjokorda Gede Putra Sukawati.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan