Festival Seni Budaya dan Produk Olahan Desa Penyangga

Read Time:1 Minute, 17 Second

Festival Semeru merupakan event ekspresi masyarakat dari desa penyangga TNBTS, dan acara ini adalah cara dan strategi akan dilakukan terutama untuk sarana media promosi dan informasi di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, sehingga untuk menumbuhkan terhadap seni dan budaya Indonesia, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) (23/22/2019) menyelengarakan event tahunan 2019 dengan tema “Festival Seni Budaya dan Produk Olahan Desa Penyangga”, yang ditempatkan di shelter Cemorolawang, Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo Jawa Timur.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh 5 dari 50 desa penyangga yang ada, desa tersebut diantaranya Desa Taji, Desa Ngadirejo, Desa Ngadisari, Desa Wonokitri, dan Desa Ngadas. Desa-desa tersebut merupakan desa perwakilan dari desa penyangga TNBTS. Festival Semeru merupakan event tahunan di tahun 2019 sebagai bentuk apresiasi dan aktualisasi kepada masyarakat di sekitar kawasan dengan memperkenalkan seni budaya dan produk makanan olahan. Sehingga diharapkan juga menjadi sarana media promosi dan informasi. Adapun pagelaran event tahunan ini menampilkan pagelaran seni dan budaya dari perwakilan desa penyangga, seperti tari remong, tarian jatilan, tarian reog putro singo budoyo dan tarian sekar adas.

Menurut Hanifah event yang digelar cukup meriah, “Tapi festival semeru kedepan harus dikemas lebih menarik dan bervariasi serta seluruh desa penyangga di sekitar kawasan TNBTS,” ungkap Hanifah, salah satu warga Senduro yang menjadi pengunjung acara ini. Selain pentas seni juga ada stand yang memamerkan produk olahan unggulan ataupun hasil karya dari desa–desa seperti produk souvernir edelweiss, kopi, dan makanan khas desa penyangga. Event ini diharapkan memberikan penghasilan tambahan yang dapat meningkatkan perekonomian dan mensejahterakan masyarakat desa penyangga.

0 0

About Post Author

Besuki.id

Jalan suprapto 16
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Besuki.id

Jalan suprapto 16

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan